Saturday, June 4, 2011

Menyeramkankah Kuliah di Farmasi?

Filled under: ,

Saat ini, ketika bumi berselimutkan kegelapan malam. Kuberkelana menjelajahi gerbang dunia. Setelah aku diterima di Farmasi UI, aku merasa tergantung dalam suatu kepenasaran yang tak nyata. Berkelana ku ingin membaca kisah-kisah pejuang-pejuang farmasi yang telah belajar lebih dahulu dari aku. Sebagian cukup menurunkan agresiku menjadi seorang yang sukses dalam bidang farmasi.

Semakin kubaca dengan sapuan mataku melintasi setiap paragraf dari cerita itu, setidaknya telah membocorkan motivasiku secara perlahan. "Farmasi itu sibuk, banyak praktikumnya, hafalannya lebih tinggi dari kedokteran, buku resepnya setebal lebih dari 10 cm juga berbahasa inggris." Bahkan ada yang bersyukur karena telah lulus dan tidak akan lagi melewati hari-hari bersama farmasi. Bagaimanakah sebenarnya farmasi itu?

Aku merenung membuka gambaran beberapa hari yang lalu saat registrasi administrasi untuk menjadi mahasiswa UI. Saat memasuki stan fakultas, dan aku memasuki stan fakultas mipa dan disambut oleh kakak-kakak dari Farmasi karena aku farmasi. Perbincangan pun dimulai bersama teman-teman mahasiswa baru Farmasi dan kakak-kakak kelas tentang pengalaman serta BOPBerkeadilan. Salah satu yang sedikit mengecawakanku adalah tentang dihapuskannya mata kuliah Matematika Dasar dan Fisika Dasar di jurusan Farmasi sesuai kurikulum terbaru. Bagaimana tidak, sebenarnya di SMA aku merasa sedikit berhasil dan sukses dalam dua mata pelajaran tersebut. Terbukti dengan dipercayanya aku untuk menjadi perwakilan OSN Matematika SMA sewaktu kelas X, perwakilan untuk lomba cerdas-cermat Matematika waktu kelas X juga, kemudian aku pindah ke OSN Fisika sewaktu kelas XI yang lumayan berhasil mendapat prestasi, kemudian masih dipercaya juga untuk mewakili LCC matematika waktu kelas XI. Entah apa yang mendorongku memilih farmasi sebagai bidang yang akan menjadi sumber penghidupanku. Padahal, tidak pernah terfikir olehku untuk memilih farmasi.

Waktu PPKB pun saat aku daftar, aku memilih jurusan Teknik Elektro yang berdasar pengetahuanku, berhubungan sama matematika dan fisika. Tapi karena dicanangkannya program baru tentang SNMPTN undangan oleh Mendiknas, tiba-tiba saja terlintas di fikiranku untuk masuk farmasi. Aku berfikir tentang kerja yang mempunyai prospek yang bagus, juga bisa bermanfaat bagi masyarakat. Akhirnya Farmasi pilihan kesatu, dan Teknik Elektro pilihan kedua. Ternyata dengan mudahnya Allah memudahkanku masuk ke Farmasi. Dan begitulah semua orang bertanya kenapa jadi farmasi, termasuk guru-guru yang mengenalku.

Oleh karena itu, ketika dijelaskan sedemikian rupa tentang Farmasi. Motivasiku bocor, farmasi itu biokimia. Jadi konsep-konsep kimia dan biologi sangat kental. Wah, padahal aku sendiri tak pernah terfikir untuk bergelut terutama dalam biologi, alasan utama aku menolak untuk memilih kedokteran.

Pak Adam, guru kimia juga sempat bercerita tentang suatu materi perkuliahannya sewaktu kuliah, yang berhubungan sama kimia. Harus kuat hafalan, bapa pun katanya dapet C di mata kuliah tersebut. "Kajeun ngitung sakali, tibatan kudu ngapalkeun mah", kucoba untuk menyiram dan menyegarkan sendiri dengan mengatakan, ya kalo 4 tahun kuliah pasti bisa pa. Padahal dari lubuk hati yang paling dalam aku berfikir, kuat gak ya.

Dari kuat menghitung, sekarang beralih ke hafalan, hal yang sedikit agak kujauhi karena sama sekali tak mengasyikkan. Tapi apadaya, inilah jalan yang ternyata terbuka begitu mudahnya untukku. Dan kini aku harus membuktikan terutama kepada teman-teman yang sama-sama mengincar farmasi, yang kalah oleh anak MatFis. Kucuri mimpi orang, dan kini akupun ragu apakah aku sanggup. Tak apalah, teknik elektro karena aku ingin membuat robot. Ternyata tak harus menjadi teknisi elektro untuk membuat robot, jadi aku beruntung mimpiku untuk membuat robot masih bisa kukejar. UKM robotik adalah satu yang menjadi targetku, selain sukses di Farmasi. Ketika sudah lulus, kan keren. Seenggaknya kata temanku aku menjadi seorang PLAYBOY SAINS, karena sudah Matematika dan Fisika, tapi kuliah di BioKimia yakni Farmasi. Rasanya pengalaman yang takkan tergantikan, bagaimana juwetnya ngotak-ngatik angka dan logika, ngebayangin gaya-gaya, vektor-vektor yang bergerak pada suatu bidang, ngebayangin gerak, kalkulus dan sebagainya. Dan selamat tinggal itu semua, kini kalian takkan menjadi penentu kehidupanku, tapi kalian adalah sahabat terbaikku yang telah mengantarkanku menemui Farmasi. Aku tak berharap melupakan kalian, terutama matematika. Karena dengan Matematika otakku terasah, dengan Fisika aku analisa alam dan peristiwa di sekitarku, dan kelak dengan Farmasi aku hidup, berkeliling dunia, bahkan mungkin menjadi profesor. Kalian akan selalu di hatiku. Karena aku telah membayangkan tentang seorang apoteker, yang jago ngitung dan bisa bikin robot.

Bagaimanapun farmasi itu, setidaknya kakak dari Farmasi menghibur dengan mengatakan "dosennya cantik-cantik, dsb". Tak berpengaruh apa-apa, tetap saja Farmasi itu Farmasi karena Farmasi, bukan dosen. Sepenasaran apapun aku tentang farmasi hari ini, pintu masih tertutup dan aku hanya tau dari perkataan orang. 2 bulan lewat beberapa minggu lagi aku akan membuka pintu itu sendiri, dan kelak aku akan membuktikan tentang benar tidaknya cerita orang.

102 comments:

  1. kuliah farmasi indikasi:lulus jadi apoteker efek samping: pusing stress frustasi KI:gangguan jiwa

    ReplyDelete
  2. Gak harus jadi Sarjana Matematik/Fisika untuk menyukai Matematika dan Fisika. Jadi SE-pun bisa, hehehe...
    Beruntung bisa sekolah di 3 sekolah (SMP, SMA, PT) yg baik... Mudah-mudahan bisa lulus dari ujian hiduppun dengan baik

    ReplyDelete
  3. Ah.. siapa bilang kuL d farm tu nyeremin... ga kug...
    huum,, ka2 ne contohnya,, berbekal rasa penasaran.. akhirnya daftar d farmasi. Skr ka2 udah semester 4 mo naek smt 5 d jur farmasi poltekkes kemenkes makassar..
    awalnya, ka2 fikir begitu jg.. smster awal ka2 jalanin,, susaaaaah bener... tugasnya banyak... namun,, smster berikut.. ka2 dah mulai jatuh cinta tuh sm farmasi..

    jgn bilang kt ninggalin matematika n fisika d farmasi.. justru org2 farmasi, MM n fisnya harus OKeh loh.. ngitung dosis misalnya, salah dikit.. nyawa jd taruhan.. jd jgn heran kLo nag farmasi itu telitinya luar biasa.. truZ fisika.. d farmasi, kita jg bakal dpt mata kuliah yg namanya FARFIS, farmasi fisika... ngitung bobot n massa jenis, viskositas, pemisahan campuran, ampe emulsifikasi.. so,, fisika jg harus kuat de.. truz lab... emang banyak... tp.. dstulah seru n uniknya.. dg praktek, ilmu itu kan lbih mudah dimengerti darpada teori,, bergelut ma resep (lab farmasetik), reaksi2 kimia (lab kimia), bermain ma bakteri(lab mikro) n tanaman obat (lab farmakognosi), truZ bermain ma mencit(farmakologi)... n banyak deh,, hafalan?? ga jg kug.. dg praktek,, kt jd mudah hafalnya... yg jelaZ,, rajin ikuD kuliah.... hUum,, itu ajah kuG.. So,, jgn pesimis dlu... jalanin ajah.. smua psti berlalu...

    ReplyDelete
  4. @anonim : Yohaa, tapi dengan kerja keras mudah2an dimudahkan.hehe

    @Pa Nandang : Iya ya pa, bapa lebih ekstrem lagi. Yang penting tetep belajar aja ya matfisnya.
    Iya, alhamdulilah pa. Amiinnn. Insyaallah mudah2an ja

    @zamzam2701 : Gitu ya kak, alhamdulilah atuh kalo gitu mah. kaka juga farmasi ya, jdi Tar bagi2 tips tips nya biar sukses di farmasi ya kak.
    jadi tetep matematika fisika jadi dasar n dibutuhkan di farmasi y. Makasih sarannya kak, insyaallah dika pasti jalanin dengan smgt. Makasih ceritanya ka

    ReplyDelete
  5. Andika, maba 2011 ya? kamu se-angkatan sama aku. Aku juga gitu kok, hampir mirip dengan kamu. Dari OSN Fisika malah nyemplungnya ke farmasi. Ayo mesti semangaaaaaaaaaat! :D

    ReplyDelete
  6. setuju banget sama postingan diatas. gue juga maba 2011 farmasi. tapi gue di unpad. salam kenal ya. gue juga tadinya ga sama sekali minat ke farmasi. share aja nih di unpad masih ada matek, sm fisikanya di semester 1. malah farmasetika sm kimor yg di ui udh ada disemester 1, diunpad baru dikasih di semester 2. tapi semester 1 udh belajar yg namanya farmasi fisika.
    hahhaa kitabnya anak farmasi tuh farmakope kan yaa. udah tebel banget ngalahin buku human anatomy and physiology nya anak FK. kecil banget tulisannya.hhahaa mantap deh farmasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sory nih baru pada dibales, gak dicek ternyata banyak komen. Iya salam kenal juga ya, oh di unpad ya? Kenal sama lina gak?
      Merasa beruntung gak masih ada matek sama fisika? Kadang pas udah denger dari anak mipa soal yang dasar2 mipa itu, dika malah ngerasa beruntung.hehe

      yoi.. Farmakope.. Lebih tebel lagi, ada martindale..hehe Ujian bawa koper..hehe

      Delete
  7. Hikhikkhikk...
    Ingin mengulang masa-masaaa indaaah di farmasii...
    Maaanfaaatkaan..
    Semogaa kaliaan menjadi farmasis masa depan..
    Yang bisa mengangkaat citra farmasi yang notabene dibelakang layaaaarr..
    Sooo huphuppp semangaat selaluu yaa..
    ˆ⌣ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah lulus ka? Gimana rasanya udah keluar dari farmasi? Seneng ap sedih ka?hehe

      Amiin, moga kita bisa menjadi farmasi yang membawa dunia kefarmasian indonesia menjadi lebih baik..
      Semangat!! Makasih ka

      Delete
  8. Dinikmati saja pilihan yang sudah diambil. Kalau memang suka Matematika dan Fisika tetap masih terbuka ruang untuk pengembangan diri di Farmasi misalnya dalam perancangan obat. Silakan main ke lab saya di Farmasi di ruang Internet, anda bisa mempelajari Molecular Modeling and Drug Design yang sarat dengan matematika dan fisika. Kita bisa ngobrol nanti. Selamat berjuang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap ka,, pastinya mencari jati diri di farmasi, ke depannya fokus dimana.. Oh iya, blognya mantap.. Pasti sering berkunjung nie nanti.. Makasih ka

      Delete
  9. waaah begitukah di farmasi? ckckck gak kebayang ama aku harus ngafalin buku itu~ bahasa inggris pula --" tapi aku pengen masuk farmasi nanti. . apa aku bisa yaa? hmm -_- semoga aja 2 tahun lg aku keterima d farmasi~ amin ^^
    kakak hebat bgt bsa masuk UI :) farmasi lagi~ boleh dong bagi tips2 ny biar bsa kterima dsana hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga,haha ternyata ngafalinnya ya ujung2nya sebelum ujian aja, sks..wkwk

      Insyaallah bisa, gracia. Yang terpenting dari sekarang berusaha untuk memantaskan diri untuk jadi mahasiswa farmasi, ya dengan belajar..

      Alhamdulilah, yang terpenting doa dan usaha :D

      Delete
  10. Bukannya buku resep yang tebalnya 10 cm itu pakainya bahasa latin ? bukan bahasa inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa Inggris kok bang, yang saya punya bahasa inggris. Kalo bahasa latin mah kayaknya gak bakal disebar disini, kan ga ngerti bacanya juga..

      Delete
  11. Bukannya buku resep yang tebalnya 10 cm itu pakainya bahasa latin ? bukan bahasa inggris

    ReplyDelete
  12. emang banyak sich orang bilang farmasi itu leih suli daripda kedok.
    tapi menurutku farmasi itu seru loch kak.
    aku sklh di SMK Farmasi Makassar.
    walaupun masih awal n setingkatan SMA terasa kok serunya,,,.
    aku juga awalnya gak mau masuk farmasi krn gak suka sama bau obat n gak suka menghapal.

    klo di pikir sih, kak, emang susah, tapi klo di nikmati n dijalanin pasti bisa kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya sam?
      Ya mungkin itu pendapat awal ka sebelum masuk kuliah kan. Kalo dijalani ya asyik2 aja, cuma udah kuliah emang kerasa di farmasi lebih padat daripada jurusan lain, soalnya banyak praktik..

      Iya, yang penting tetep semangat belajarnya ya!! Bisa!

      Delete
  13. ternyata bisa ada orang sama,,, saya juga senang sekali dengan matematika fisika.. saya menyukai matematika sejak saya SD dulu... menurut saya menghitung itu asiik... tapi, tidak negerti juga jalannya bagaimana sampai saya bisa memilih jurusan farmasi... kan farmasi banyak hafalannya, nah saya tidak senang dg hafalan,,, haduh,, sepertinya saya harus belajar mencitai hafalan.. ahahaha...
    tapi, mari berjuang, mungkin kita ini sudah masuk dalam kategori beruntung... mungkin banyak yang mau masuk jurusan ini, tapi gagal... nah kita bisa lolos, kenapa tidak dicoba... mungkin nantinya ini akan sangat keren... tadinya saya ingin masuk MIPA... tapi, pikirpikir mungkin ini prospek kerja lebih baik... jadi pilih farmasi deh...
    Tapi, kamu hebat... bisa lulus Farmasi UI... ntar-ntar bisa bagi pengalamannya yah.. krna sya maba thn 2012 di UNHAS tpiny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Waduh senasib ya.. Takdir membawa kita pada jalan ini,hhe
      Sebenarnya, tak berarti kita suka menghitung tar ketika masuk di matematika juga bisa mudah, soalnya liat temen2 yang lain sama aja. Kuliah itu yang terpenting motivasi diri sendiri, soalnya kalo di kelas ga bakal di atas 80% masuknya..hhe

      Iya, masuknya kita ke jurusan itu pasti diiringi banyak tangisan orang-orang yang gagal dapet. Jadi buktiin dengan semangat dan memantaskan diri untuk menjadi farmasis masa depan.. UI ato UNHAS, sama aja, emas tetaplah emas dimanapun ia berada, yang penting jadi emas dulu aja dimanapun :D

      Sipp,, bisa berbagi pengalaman :D

      Delete
  14. kok sama y... q jg dr dulu senengnya ngitung.. bergelut dengan matematika atau fisika.. ikut olimpiade mtk n fisika di sma... rasanya itu yang paling menyenangkan. pi karena lht farmasi prospeknya bgs, q milih farmasi di UNAIR. n q keterima. Mikir biologi q kok takut y... hm...

    ReplyDelete
  15. wahh...seru2 bgt commentnya..
    kalau boleh crita dkit sayya juga mngalami cerita d.atas...masalahnya saya adalah siswi dari jurusan ips..yg tntu ajja asing ama kimia atau biologi,...ygaq tahu ya hafalan..hafalan,,,dan sosial..hehhehe
    jg penasaran dengan kuliah pertma nanti.

    ReplyDelete
  16. wahh...seru2 bgt commentnya..
    kalau boleh crita dkit sayya juga mngalami cerita d.atas...masalahnya saya adalah siswi dari jurusan ips..yg tntu ajja asing ama kimia atau biologi,...ygaq tahu ya hafalan..hafalan,,,dan sosial..hehhehe
    jg penasaran dengan kuliah pertma nanti.

    ReplyDelete
  17. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, senasib!!!!!!!

    ReplyDelete
  18. jadi deg2an......hmmm bisa gak ya

    ReplyDelete
  19. Jadi takut. aku baru berapa hari jadi mahasiswa farmasi udah banyak hapalan.
    kasih saran dong?

    ReplyDelete
  20. wah, aku jg maba farmasi...G' pernah kbayang bkal bnar2 jd anak farmasi...kalo aku sih,,aku akan berusaha mencintainya seiring berjalannya waktu...amin,,,

    ReplyDelete
  21. Baru masuk seminggu udah banyak hapalan. Semoga bertahan sampai akhir.

    ReplyDelete
  22. Kl ak,msk smk farmasi, br semester 1 tp udh rda frustasi.. hafalanya ITU lho.. Dan jga ngtung DM yg sangat2 ribet.. to alhmdulillah lama kelamaan, JD mudah..smg kedepanya kuat Dan Lancarr .. amin

    ReplyDelete
  23. semua paste mudah asal ada kemauan,
    faculty of pharmacy ist the best.
    saya juga sama dengan kamu, saya angkatan tahun 2011 farmasi d DEPKES RI MEDAN ( POLTEKKES KEMENKES RI MEDAN ),memang sangat sulit sekali kuliah d farmasi, dapt nilai C aja sudah syukur, padahal kita sudah kerja keras tp nilai yg datang tidak sebanding dengan yg kita jalani n yg kita harapkan.
    saya jg ndak kenal n ndak tau apa itu farmasi, saya waktu sma saya itu sukanya d kedokteran atau pertanian, tp karna ada kawan aku yg ngajak cb d depkes nech, yaudah aku mau i aja, trus liat pengumuman aku masuk n kawan aku itu kalah, tp d kedokteran aku kalah tp d pertanian aku jebol, jade lebih baek milih d farmasi kata orang.
    tiba sudah kuliah d farmasi, ya Tuhannnnnnnnnnnnn, hapalan banyak skale n ngelab aja kerjanya n yg lebih gawatnya lage istirahatt untuk makan aja terkadang ndak ada.
    trus bawa2 buku2 ama alat praktek d kranjang dare kost k kampus naek angkot, wichhh malu x lah kalo d dalam angkot bawak barang yg sangat banyak, tp mao gmna lage ? ?
    itu sudah menjade prospek n pil kita.

    tp kuliah d farmasi itu enak jg, kalo d jalani paste semuanya tidak akan terasa, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

    oea, kamu mahasiswa ui kan ? ?
    rencana nanye lanjut s1 mao kesanalah,
    bisakan kamu kaseh informasi nante sama aku tentang ekstensi s1 farmasi ui.

    thanks

    ReplyDelete
  24. semua paste mudah asal ada kemauan,
    faculty of pharmacy ist the best.
    saya juga sama dengan kamu, saya angkatan tahun 2011 farmasi d DEPKES RI MEDAN ( POLTEKKES KEMENKES RI MEDAN ),memang sangat sulit sekali kuliah d farmasi, dapt nilai C aja sudah syukur, padahal kita sudah kerja keras tp nilai yg datang tidak sebanding dengan yg kita jalani n yg kita harapkan.
    saya jg ndak kenal n ndak tau apa itu farmasi, saya waktu sma saya itu sukanya d kedokteran atau pertanian, tp karna ada kawan aku yg ngajak cb d depkes nech, yaudah aku mau i aja, trus liat pengumuman aku masuk n kawan aku itu kalah, tp d kedokteran aku kalah tp d pertanian aku jebol, jade lebih baek milih d farmasi kata orang.
    tiba sudah kuliah d farmasi, ya Tuhannnnnnnnnnnnn, hapalan banyak skale n ngelab aja kerjanya n yg lebih gawatnya lage istirahatt untuk makan aja terkadang ndak ada.
    trus bawa2 buku2 ama alat praktek d kranjang dare kost k kampus naek angkot, wichhh malu x lah kalo d dalam angkot bawak barang yg sangat banyak, tp mao gmna lage ? ?
    itu sudah menjade prospek n pil kita.

    tp kuliah d farmasi itu enak jg, kalo d jalani paste semuanya tidak akan terasa, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

    oea, kamu mahasiswa ui kan ? ?
    rencana nanye lanjut s1 mao kesanalah,
    bisakan kamu kaseh informasi nante sama aku tentang ekstensi s1 farmasi ui.

    thanks

    ReplyDelete
  25. hai semua :D aku anak smk farmasi kelas 11 :D dan memang benar, farmasi itu ngejelimet sama hapalan dan kalian akan berteman dengan bahasa latin atau sinonim obat, yg kalau salah sehuruf ada pengurangan nilai-__- masih kelas 2 aja rasanya pengen cepet2 lulus dari sekolah ini! ka dika keren kata-katanya, multitalent loh, fisika jago, mtk jangan diragukan ikut lomba sana sini, sekarang mau berkutik dengan dunia hapalan, dan ternyata sastranya juga keren loh :D oiya kak, di farmasi bukan berarti gabakal ada hitungan, tetep ada kok meski dikit banget, kayak ngitung dosis. tapi emang itu hitungannya sedikit banget sih ._.v hehe. Semangat ya kak :D

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum
    wahh,,aku tertarik baca tulisan kamu,,,
    kenalkan aku vivi mahasiswa farmasi semester 3
    nasib kamu kayak aku,,hehehe
    dulu cita-cita aku ingin jadi psikolog,,,
    tapi malah lulusnya di farmasi,,sperti kata kamu,,itulah jalan yang diberikan tuhan,,,

    emang bener,,farmasi itu lebih sulit dari dokter,,,dsb,,,tpi lama kelamaan jadi seru lho
    nanti kamu juga ketemu yang namanya fisika di mata kuliah farmasi fisika

    sesusah apapun kamu enjoy aja,,,kita orang2 farmasi sering bilang "jalani aja,,,waktu pasti berlalu"
    semangat buat farmasi ^__^

    ReplyDelete
  27. farmasi asik ko..
    aku siswi smkf, setelah nyoba jadi ketagihan loh jadi anak farmasi..
    berharap bisa masuk farmasi UI aminn :)

    ReplyDelete
  28. waaah hebat ya kakak ini (y) ......... kalo kedokteran sama farmasi itu mata kuliahnya sulitan mana ya kak?? bingung mau ke fakultas kedoteran ato farmasi ??? kasih sarannya donk kakak" yg baik :)

    ReplyDelete
  29. huaa aku pengen bangeet kakak jadi anak farmasi UGM , duuhh yg bener farmasi serem bangeet ? padahal saya ngebetttt bgt sm tuh farmasi, kasih sarann dong kakak2....

    ReplyDelete
  30. Huft, baca postingan ni jdi tambah galau,,
    pilih teknik kimia ato farmasi???
    Q sbenernya suka mtk sama kimia... kalau fisika, nggak terlalu,, menurut Anda gimana? lebih baik di tekim ato farmasi??? minta sarannya dong..:) kalau difarmasi, ak sbenernya ga suka biologi (yg berbau hapalan)
    hm... tp kyanya akhir2 ni Anda ga pernah buka blog ya? komen2nya blum dibales tuh,, *sotoy

    ReplyDelete
  31. kak hebat banget bisa masuk farmasi ui, keren..keren
    semoga aku bisa mngikuti jejak k3 msuk farmasi ui,, aamiin

    oia kak,, jelasnya jalur ppkb itu undngan bkan kak?
    bagi2 tipsnya donk kak biar bisa msuk farmasi ui,, mksih kak :)

    ReplyDelete
  32. farmasi seru abiss , ak tak pernah kecewa masuk disini ,,, Alhamdulillah,,

    ReplyDelete
  33. Aku salah satu peserta snmptn 2012/2013 dan dipilihan pertama aku pilih farmasi. Dan Sampai skrg aku msh ragu..

    Mengapa aku pilih farmasi..? Dulu pas pertama kali disuruh jwb oleh guru kmu mau ngambil apa? Dgn ceplos aku jawab teknik kimia pak. Trus guru ku bilang kmu mmg pantas kuliah di farmasi.. Loh? Pdhal aku bilang nya T.kimia.
    Aku gasuka farmasi kata guruku itu nanti ribet cari obatnya trus juga hafalanx itu loh..

    Lalu pndaftaran snmptn pun dimulai banyak slkali jurusan yg ingin aku pilih pertama pendidikan dokter, wah hebat kalo aku jd dokter bisa bahagialin ortu.. Tiba2 muncul mslah trnyata kedokteran susah buat yg BUTA WARNA. Pdhal aku tau klo aq nuta warna parsial/sebagian. Trus aku jg smpat mikir teknik informatika coz aku jg ska komputer, tpi kayakx jg ga ada minat trus prospeknya ga tau gmn. Yaudah deh aku pilih FARMASI aja. Meskipun banyak yg bilang farmasi juga gaboleh buta warna walo itu sbagian tpi dicoba tak mengapa kan?

    FIX Aku ngambil Farmasi.

    ReplyDelete
  34. salam kenal gue Basuki riyanto dari jurusan Farmasi Institut sains dan teknologi nasional jakarta angktan 2012, sekedar share aja : jurusan farmasi itu sangat mengasyikan dari pelajaran matematika, fisika ,biologi, kimia juga ada, apalgi nnti kita diajarain management farmasi,itu seru soalnya hal yg bakal kita pikirin kalo udh lulus ambil gelar profesi kita Apt (apoteker)> dan bisa driin apotik sendri,, semngat ya kawan2 yg berjuang di jurusan farmasi

    ReplyDelete
  35. Kak, kakak masuk farmasi karena emang suka dan cinta sama matematika & fisika atau karena apa? jd kalo pilih jurusan itu sesuai dengan yang kita cinta ya? soalnya saya sendiri nggak suka matematika & fisika padahal SMA jurusan IPA. Jadi bingung...

    ReplyDelete
  36. Ass kakak2 semua. Habis baca artikel kakak+komen2 nya kok jadi galau ya, sudah galau kronis tingkat dewa gini malah tambah galau. Pingin sih farmasi tapi kok.....jujur aja nih ya aku kelas 2 SMA jurusan ipa, kekurangan saya itu di bahasa inggris, metik, sama fisika. Apa bisa masuk farmasi? Aku tau diri sih kalo kemampuanku memang ga bisa masuk farmasi tapi ga tau kenapa kata2 farmasi itu terus ada dikepala pingin banget deh pokoknya. Farmasi banyak bahasa inggrisnya ga? tolong dong bantu kegalauan saya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  37. dari komen"an di atas saya jadi bingung..
    ada yg bilang Farmasi itu seru dan mengasyikkan,,tapi ada juga yang bilang kalau Farmasi itu sulit.. ALHAMDULILLAH saya sudah LULUS di Fakultas Farmasi USU,,
    tapi gimana ya mengatasi kebimbangan saya in..?

    ReplyDelete
  38. wah, sama banget ceritanya sama aku kak, tapi kalo aku teknik kimia, eh snmptn 2013 ini aku malah milih farmasi ui, dan keterima, takut kak, aku juga jago ngitung bukan ngafal, sama banget deh sama kaka....

    ReplyDelete
  39. Jurusan farmasi menakutkan sekali Kah ??
    buad yg sudah gol dari jurusan itu, minta tips suksesnya dong slama kuliah sampe selesai
    please..............

    ReplyDelete
  40. aku baru lulus dri SMK kesehatan jurusan farmasi industri. awalnya milih jurusan ini gara2 dipaksa ortu, awal2 masuk rasanya stress bgt krna farmasi memang bukan pilihanku dri awal, tapi setelah dijalani aku jadi ngerasa enjoy bgt ma farmasi, kenangan yg tak terlupakan adalah ketika harus menghafal materi yang luar biasa bnyk, pulang malam2 menjelang ujian praktik kejuruan yg harus bikin 200 tablet parasetamol, berangkat pagi2 skali karna ada pembekalan ujian praktik.... seruuuu pokoknya! kalo di inget2 rasanya kangen masa2 itu... skrg aku maba UWM jurusan farmasi dan satu kata harus semangatttttt!

    ReplyDelete
  41. Assallamualaikum..
    Farmasi,sesuai nama nya Obat dan Racun,kalau betul memahami akan berguna namun bisa sbaliknya menjadi racun..

    Saya ingin menambahkan,bahwa Farmasi juga kuat banget dengan Fisika nya,sbg contoh Teknologi Farmasi,itu Fisika..

    Menurut saya, hapalan dan hitungan nya tingkat atas sekali.

    Intinya berusaha semangat untuk mengaplikasikan ilmu bermanfaat ke sesama,insya 4jj4h terlalui cbaan berat Farmasi.

    Maaf klo slah kata dan kurang,wassallamualaikum..
    Salam Farmasi Jogja

    ReplyDelete
  42. SEMANGAT CALON FARMASIS MASA DEPAN

    ReplyDelete
  43. salam kenal para farmasis..
    saya farmasis angkatan 2012 STIKES Muhammadiyah Banjarmasin..
    Semoga selalu dimudahkan langkah kita dlm menuntut ilmu.. aamiin

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. sumpah na ge....jurusan farmsi mah pigeloeun...alhmdulillah saya saat ini udh smstr 5 ahahahah....jangan sampe lah masuk di dunia ini...farmasi tidak ada hapalan,,,itu dusta besar,,,sampai saat ini rambut saya rontok amuradul karena ngagugulung buku farmakope yg tebalnya 1 meter..kul di farm juga anda akan mengalami kurangnya sosial dng msyrkat,,krena dgn kesibukan super ekstra

    ReplyDelete
  46. kakak.. kakakk.. aku suka banget sma peengen syekali masuk jurusan farmasi, tapi aku lemah di fisika, kalau hapalan mah insya Allah saya seneng hehe, oya seriusan buku farmakope itu tebel syekali?

    ReplyDelete
  47. Ass. hai ak .. salam kenal aku Jihan dari Kalimantan Selatan, aku masih SMA dan setelah lulus aku mau coba ngambil jurusan Farmasi buat kuliah nanti. Dari coment" yg aku lihat, banyak yang bilang awalnya susah tapi setelah berjalannya waktu jadi ketagihan. semoga nanti aku dan semua kawan" yg mau ngambil jurusan ini doberi kemudahan buat nge.jalan.in.nya. biar bisa bagi" pengalaman sama yang belum berpengalaman kaya aku. thanks Wass ...

    ReplyDelete
  48. pelajaran farmasi jangan dihafal tp kudu disiasati dengan pemahaman,kalau dihafal dapat beberapa jam setelah ujian dah ilang klo dipahami bakalan mengerti....
    jadi gak perlu takut masuk farmasi...

    ReplyDelete
  49. untuk kurang sosialita dengan masyarakat seperti yang dikatakan diatas mah itu boong dianya aja mang yang kurang bergaul sampe rontok rambutnya, buktinya saya dah kuliah apoteker farmasi buaaaanyaaaaaak banget temannya dari penjuru indonesia,..

    ReplyDelete
  50. Assalamu'alaikum
    Salam knal nama sy andika, saya baru saja diterima di Farmasi Univ.Pancasila.
    Tapi saya masih ragu untuk daftar ulang, karena banyak yang bilang kl di farmasi belajarnya susah dan cari kerjanya jg susah, apakah benar begitu? Trims

    ReplyDelete
  51. Aku maba farmasi UI 2013, kak :)
    Smga farmasi itu menyenangkan yaaa hehe

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. ahh farmasi ttuh pusing skali, karna dari dulu aqu pling ngga suka sama hafalan.. -__-
    rasanya pngen pindah sekolah aja, tp mau gmana lagi klo udh trlanjur gini..
    ya udh deh jalanin aja wloupun kurang smngat, krna sekolah kjuruan farmasi itu bukan keinginanku, smua ini kinginan orang tua ku.. Aku sih lebih suka ke masalah komputer gitu, kaya TKJ atau multimedia, tp ya apadaya, ortu minta aqu supaya aqu di farmasi.. Ya sudah laah.. jalanin aja..

    ReplyDelete
  54. anak UI farmasi yaa.... mau nanya kalau d UI ekstensi farmasi syaratnya gmna yaa??
    aku juga anak farmasi skr D3 d kalimantan mau lanjut S1 k UI mgk tahun depan,,infonya ya dika :)

    ReplyDelete
  55. aku anak SMK Jurusan farmasi ka :D
    emang harus kuat hafalannya yah ,hehe

    ReplyDelete
  56. banyak banget hapalannya tp gmn lg udh terlanjur nyebur ya udh dinikmati aja .... :)

    ReplyDelete
  57. liat komentarnya saya jadi bingung nih kak, saya mau daftar SNMPTN di farmasi UGM. saya juga kurang suka menghafal, trutama biologi -_-

    ReplyDelete
  58. wah ternyata blognya kak andika galih, saya tadi lagi nyari artikel tentang farmasi eh kebawa kesini ^^ iya kuliah farmasi emang nggak gampang, semangat ya kak :D doain saya biar kuat jadi maba ffui -,- semoga kedepannya bisa jadi farmasis yang sukses ya kak

    ReplyDelete
  59. seru baca komen2 sebelumnya,,,,buat sipa saja yg tertarik di farmasi ayoo silahkan mencoba,,,seiring dg perkembangan industri farmasi dan banyaknya penduduk negara kita msih sangat kurang keberadaan farmasis di negri ini,,,jd ayo ramaikan dunia farmasi di negara kita,,,,kehidupan farmasi sy dlu berawal dr smk farmsi sampai saat ini saya berpraktek menjadi farmasis,,jd apa yg dibilang orang ttng farmasi yg susah,byak hafalan itu smua tdk akan ada artinya klo kita belum mengatakan menyerah dan akan trus berusaha.....salam farmasis indonesia

    ReplyDelete
  60. emang setress c di farmasi itu..
    tapi seru kog,,
    kalau ada kemauan pasti bisa...
    oh ya minta doa ya,, habis ini aku mau UPK..
    minta doanya biar lancar dan dapat hasil yang memuaskan ya..
    AMIN

    ReplyDelete
  61. Hadeh, jadi galau habis baca coment coment nya dari atas sampai bawah. pengen banget masuk ke farmasi tapi nggak suka hafalan. bagi tipsnya dong kak :)

    ReplyDelete
  62. Jangan terlalu menghafal yang penting itu dimengerti dan pahami.

    ReplyDelete
  63. pusing bnget sich farmacy , sejak masuk skolh di smk kesehtan ,jrusan farmacy rsanya pusing tpi mnyenangkan
    tapi aku mao nekat masuk jrusan farmacy nnt
    #makasichh :-)

    ReplyDelete
  64. yang namanya kuliah difarmasi, materi mikrobiologi, farmakognosi, farmakologi, anfisman dan blablabla yang berbau hapalan, itu pasti bikin pusing kalo dihapal. yang dihapal pasti blajarnya sks, jadi bikin rambut rontok (katanya).tapi mending dipahami daripada di hapal. seru kuliah di farmasi walaupun sering bikin stres. . farmakope nggak harus dihapal. pahami aja intinya (padahal saya juga belumbisa paham semua). yang jelas coba aja di farmasi. nggak usah ragu karena kita terlahir buat bantu orang lain. jadi orang hebat punya tugas mulia *aaminn

    ReplyDelete
  65. Mau tanya, kalau prospek kerja farmasi gmana??

    ReplyDelete
  66. susah susah dululah, senang-senang kemudian.hihihihiihihi

    ReplyDelete
  67. Aku pingin banget masuk farmacy , aku sekarang kelas 2 sma , akusih masih bingung mau masuk mana , tapi gak tau kenapa kok kata hati aku selalu pingin tau tentang farmacy , aku pingin tips dong gimana bisa keterima di ptn jurusan farmacy dengan mudah :') huhh sedih masih bingung milih jurusan :')

    ReplyDelete
  68. Pengen banget farmasi karna pengen jadi apoteker dan punya apotek sendiri. tapi yg mau pilih farmasi itu harus bisa banget fis,kim,mat,bio,b.ing apa? kalo bisanya dikit gimana, tetep masuk farmasi apa pilih yang lain aja? minta solusinya dong
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  69. mau nanya, sekarang kan aku smp mau lulus dan mau ambil smk farmasi,tapi masih bingung, kira2 prospek kerja kedepannya bagus nggaak ya? farmasi bisa kerja jadi apa? TOLONG DIBALAS,BUTUH JAWABAN!!! TERIMAKASIH🎀

    ReplyDelete
  70. Halo semua. Saya Maba 2014 Farmasi. Semoga saya bisa melewatinya dengan senang hati. Aamiin. :D

    ReplyDelete
  71. Wahh.. aku jga mau masuk Farmasi,
    awalnya sih udh putus asa gk mw msuk farmasi, krna abs dnger2 ktanya Farmasi itu mnyermkan, mnghafalnya jga bnyk, truss udh bnyk jga anak Farmasi jdi nyari kerja sush, dan setelah galau krna jurusan, s jdi pilih Farmasi lgi deh, krna wktu kcil jga pngen jdi apoteker, truss kata FARMASI itu sperti mnyenangkan. :D

    ReplyDelete
  72. Saya pengen bgt bsa jdi apt. Smg snmptn lulus ameeen

    ReplyDelete
  73. udah lah jalani aja...sebenarnya aku juga tak punya basic di bidang ini (farmasi) tapi setelah di jalani dan ditekuni...akhirnya cinta juga dengan farmasi

    ReplyDelete
  74. Haii kakak...aku klas 9 lagi mw nyoba farmasi,aku bingung kak,sbnar nya sklah farmasi itu gimana sih kak?? Jujur yea kakak" n abang" aku di bidang matematika n fisika gag trlalu pintar,apa aku bsa kak masuk farmasi?? Aku takut dngan semua nya kak,tlong ksih aku nya saran yea kak

    ReplyDelete
  75. kak sungguhkah seperti itu??
    baru saja aku lolos SNMPTN jurusn farmasi. awalnya sueenenggg.
    tapii skrang ahhh downn...

    ReplyDelete
  76. Wahh, semua yg semangat dong..farmasi itu gk melulu hafalan & hitungan kok. Kan banyak tuh praktikum2nya, kita bisa bereksperimen kya yg kita mau.. Banyak bgt ilmu yg kita dapet kalo ambil jurusan ini. Iya sih susah, tapi kalo kita ngejalaninya dengan senang hati & ikhlas, insyaAllah gk akan kerasa berat. Dulu jg kakak sering kesulitan kuliah disini, tapi alhamdulillah masih bertaham sampe sekarang, semester 6 lho.. :D
    Tetep semangaaattt semuaaa ;)

    ReplyDelete
  77. kakak2, aku maba farmasi nih, semangatnya masih naik turun nih kak. aku dari madrasah aliyah jurusan ipa terus lanjut dan nyangkut deh di farmasi. aku seneng dunia ipa, tapi setelah denger kalo bukunya tebel...turun lagi deh semangatnya. kurang informasi nih ka tentang farmasi, masih antara naik/turun, iya/tidak...
    pokok e semangat.......

    ReplyDelete
  78. Ka kalau dari SMK swasta farmasi bisa masuk k PTN gak? Tolong di jawab ya . Makasih :)

    ReplyDelete
  79. Klo anak ips bsa ndk masuk farmasi..? Seberaps sulit ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih buat ips ada jurusan buat masuk farmasi,lewat jalur ipc
      Sekarang semua jurusan bisa masuk semua ko
      Salam ips

      Delete
  80. wah^ yang posting sini orang^ pinter semua yeak... :D gue pengen bgt jd anak hukum gak harus gelutin fisika apalagi mtk,,,,eskak sgt menyebalkan karna itu ortu nyaranin ke farmasi tp kyaknya otak gue gak nuntut dah, lebih nuntut ke hukum, politik. yang punter aja takut apalagi yang otaknya pas^an kayak gue.. wah^...ganbate dah.

    ReplyDelete
  81. Sebentar lagi lulus sma,keluarga jurusan pendidikan semua
    Cari yg beda dong ya,farmasi ngak nyeremin ah malah ngangenin :D
    Saya aja dari ips malah tekadnya ke farmasi,peluang dimasa depan itu katanya sih diunggulkan kesehatan
    Ya walaupun otaknya pas2an,pasti jika tekad kuat insya allah berhasil
    Tekadkan hati kuatkan niat,farmasi BISA!!!

    ReplyDelete
  82. Dari sinilah saya selalu mencari informasi dari beberapa teman dan sahabat saya untuk memberikan masukan serta arahah agar aku bisa kuliah di fakultas kedokteran. Akhirnya saya diberikan Salah satu teman dari teman saya memberikan Saya NOMOR HP untuk saya Hubungi, hingga saya langsung menghubungi No HP tersebut, aku menelepon No HP itu sebanyak 2 kali baru bisa terjawab, akhirnya saya berbicara dan menyampaikan keluhan saya selama ini.

    Dia merespon pembicaraan saya dan saya diberi petunjuk Untuk mengikuti 1 kali tes lagi, tapi bukan melalui jalur SNMPTN dan alur kerjasama. Penyampainyannya begini kalau memang adik mau saya bantu dengan janji kelulusan, maka saya akan bantu, tapi dengan 1 catatan adik harus menuruti apa yang akan nantinya saya arahkan, DAN SAYA JAWAB IYA SAYA SIAP, akhirnya dia menyuruh saya UNTUK MENGIKUTI JALUR NONSUBSIDI. Dan Saya jawab bukankah melalui jalur itu harus membayar terlalu banyak, katanya YA benar yang adik bilang, bahkan bisa sampai membayar ratusan juta. Tetapi adik tidak usah khawatir, saya bisa meluluskan adik dengan pembayaran hanya sebesar Rp. 20.000.000, saya menjawab bukankah biaya itu sangat sedikit, untuk jalur nonsubsidi, Ya adik memang benar apa yang adik bilang,

    Dan saya jawab kalau biaya segitu pastinya saya sangat mau. Singkat cerita, hingga akhirnya berkat dia saya dinyatakan LULUS fakultas kedokteran UI yang saya idamkan. Dan itu menjadi rasa syukur yang amat mendalam bagi saya.

    Dan darisinilah saya mengetahui kalau orang yang membantu saya hingga LULUS, adalah PEJABAT DIKTI DARI PUSAT, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi yang membidangi bagian kemahasiswaan.

    Dia Adalah Kepala Subdirektorat Kemahasiswaan.

    Bpk Dr. Widyo Winarso
    Ini No Hp-nya 0857-5619-0157.

    Anda mau seperti saya yang bisa kuliah di fakultas kedokteran, langsung saja m'hubungi No hp Bpk Dr. Widyo Winarso, Semoga beliau bisa membantu kelulusan anda seperti beliau meluluskan saya dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar 20 juta saja.

    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  83. insyaalllah jadi apoteker akan barokah , jalani saja jangan banyak ngeluh !
    semangattt semangattt

    ReplyDelete
  84. Kak, aku mau coba tahun ini farmasi di UI lewat jalur paralel. tp kalo aku emg suka kimia, tp gasuka biolognya..
    Sebenernya dari baca2 comment jd agak takut, tp aku kayak gamau jurusan lain.. jd bener2 hrs belajar bgt kali ya hehe doain aku ya kak smg ketemu!

    ReplyDelete
  85. Kak, aku mau coba tahun ini farmasi di UI lewat jalur paralel. tp kalo aku emg suka kimia, tp gasuka biolognya..
    Sebenernya dari baca2 comment jd agak takut, tp aku kayak gamau jurusan lain.. jd bener2 hrs belajar bgt kali ya hehe doain aku ya kak smg ketemu!

    ReplyDelete
  86. farmasi itu univerrsitas atau smk sih?

    ReplyDelete
  87. Kak, aku galau nih..
    Kan aku udah daftar di farmasi tp ttp aja msh galau mau ngjalaninya..
    Soalnya kan ada temen kakakku, dia udah kuliah semester akhir2, kata dia di farmasi emg susah bkn stres ya bgtulah.. Katanya jg kalau ga bener2 org pnter bakalan ga kuat.. Ya intinya yg ngtf2 gtu.. Nah aku jd mkirin itu kak.. Makanya aku jd galau berat.. Trus aku dtnya sn org tua aku, aku nya gimana, serius ngjalaninya apa nggak, kalo enggak kan tkutnya ptus dtgh jalan trus buang2 uang kan kuliah frmasi biaya nya ga sdkit.. Pdhal bulan agustus udah mulai masuk kuliah.. Gmn kak? Kasih solusi atau gmn gtu.. Mksh :)

    ReplyDelete
  88. Buat kaka aku minta sarannya donk..
    Aku kelas XII IPA yg bntr lgi lulus. Tpi masih bingung nihh mau ngambil jurusan apa farmasi atau matematika..??

    ReplyDelete
  89. Kak aku mau tanya kalau mau ambil jurusan farmasi tapi bahasa inggrisnya gak bisa gimana kira-kira bisa masuk gak ya kak?kalau soal biaya nih kak,biaya di jurusan kedokteran dengan jurusan farmasi banyak mana ya kak.

    ReplyDelete
  90. Kak, kalau jurusan ips bisa msuk farmasi gk sih? Soalnya kita kan gk blajr pljaran ipa kak? Apa bisa lolos difarmasi?

    ReplyDelete