Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 04 Juli 2011

Seminar Inspiration Days "Islam lebih dekat dan bersahabat melalui information and communication technology

(pusatkajianhadis.com)

Seminar SALAM UI
Rabu 22 Juni 2011, bertempat di Auditorium Soeria Atmadja FE UI Depok, SALAM UI menggelar seminar Inspiration Days "Islam lebih dekat dan bersahabat melalui information and communication technology" dengan pembicara Ono W. Purbo (pakar internet, penulis, mantan dosen ITB) dan DR. Ahmad Lutfi Fatullah (Dosen ilmu hadis, Direktur Pusat Kajian hadis Jakarta).
Ono W. Purbo sebagai pembicara pertama, memaparkan aplikasi-aplikasi Islam yang pernah dia gunakan, seperti aplikasi quran, aplikasi hadis. Pakar IT yang menjadikan ayahnya sebagai inspirasi dalam berkarya ini tidak ketinggalan menunjukan gadjet yang berisi alquran dan hadis. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat membantunya untuk mengenal islam lebih mendalam.
Sebagai pembicara kedua adalah DR. Ahmad Lufti Fatullah MA, beliau memulai dengan menjelaskan sarana pendidikan perguruan tinggi di timur tengah tempat beliau melanjutkan pendidikan tinggi. Disana sarana IT seperti laptop dan projektor menjadi alat umum sebagai alat bantu proses belajar mengajar. Berbeda dengan kondisi di Indonesia tempat beliau mengajar yang sulit menemukan OHP, sehingga beliau harus membeli dari kantong sendiri.
Kemudian beliau memaparkan aplikasi islami yang pernah dibuat seperti: belajar interaktif Hadis dan ilmu hadis, potret pribadi dan kehidupan Rasulullah saw, hadis-hadis keutamaan al-quran, dan juga aplikasi yang masih dalam pengerjaan seperti perpustakaan islam digital, sahih bukhari dan al-quran tematik. Menurutnya pendekatan IT dalam bidang belajar-mengajar khususnya bidang hadis yang beliau ajar sangat membantu dan memudahkan, pelajaran hadis yang semula sulit menjadi mudah dan menyenangkan. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mendaftar di mata kuliah hadis.
Dalam sesi tanya jawab, pakar hadis yang menjadikan imam Nawawi dan imam Bukhari sebagai inspirasinya ini, meminta saran kepada Ono W. Purbo sebagai pakar IT mengenai aplikasi-aplikasi yang sudah dikerjakan. "Wah.. menurut saya Ustad, ini sudah cukup bagus, jauh lebih bagus dari gadjet yang selama ini saya pakai, jadi saya juga bingung mau kasih masukan apa.. malah saya juga pengen punya" tutur Ono.
Diakhir sesi tanya jawab, DR. Lutfi memberikan kuis ke mahasiswa yang hadir. (asalim/pkh)


Berita di atas saya ambil dari situs yang disarankan oleh Dr. Lutfi, pusatkajianhadis.com. Kebetulan sewaktu itu saya adalah salah satu peserta seminar tersebut. Kedua pembicara merupakan orang yang sangat menginspirasi buat saya. Bahwa sebenarnya generasi islam bisa memanfaatkan kemajuan IT untuk memperluas wawasan keislamannya terutama dengan banyaknya aplikasi-aplikasi, software islami. Bahkan Dr. Ono sendiri menggunakan OS dari linux yang bernama Sabili. Cocok digunakan untuk yang ingin memiliki banyak aplikasi islam, karena dari sejak masuk OS nya juga sudah islam banget, dan yang pasti HALAL.

Pembicara kedua Dr. Lutfi, memberikan suatu gambaran tentang perkembangan IT yang beliau manfaatkan untuk mempermudah pembelajaran yang berkaitan dengan keislaman seperti Qur'an, Hadits dan sebagainya. Beliau sendiri telah membuat software yang lengkap untuk belajar Al-qur'an, Hadits, Kehidupan Rosululloh, Kehidupan Setelah Mati dan lainnya. Sungguh sangat bermanfaat. Beliau juga telah mengelektronikan berbagai sumber-sumber referensi yang sah digunakan untuk meneliti tentang hadits yang bisa digunakan oleh mahasiswanya, karena beliau menyadari bahwa saat ini sangat sulit untuk mendapatkan referensi untuk Skripsi, Tesis atau penelitian yang layak tentang Ilmu Hadits.

Begitulah, dua orang hebat yang sangat menginspirasi tentang kepedulian ingin menjadi orang yang bermanfaat dengan berbagi ilmu.

Ada beberapa situs yang menurut saya penting yang diberikan oleh Dr. Ono W. Purbo dan Dr. Lutfi

http://belajar.internetsehat.org/pustaka
http://belajar.internetsehat.org/wiki
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki
http://tanyalahalquran.com
http://pusatkajianhadis.com
Perpustakaan Islam Digital (Mufiidah.com dan Mufiidah.net) untuk referensi berbahasa arab gundul

Catatan : Hari itu sebenarnya saya mengikuti seminar untuk menunggu, sekalian mau meminta surat keterangan dari universitas. Tapi alhamdulilah, sungguh sangat bermanfaat. Meski sebenarnya masih ada seminar lagi setelah Solat Dzuhur yang berkaitan dengan perkembangan seni dan Islam. Tapi saya tidak mengikutinya, karena saya harus mengambil surat keterangan yang ternyata selesai-selesai sampai pukul 2an, sekalian saja saya scan dan langsung jam 3an pulang ke Sukabumi. Ikut seminar itu tidak sengaja hanya untuk menambah ilmu yang ternyata sangat bermanfaat, tapi pulangnya sengaja kabur.

That's great Inspiration. Inspiration Days, INSPIRASI HARIMU!!!

0 komentar:

Poskan Komentar