Tuesday, January 31, 2012

SIAK NG - U Know Laahhh

Filled under: ,




"Kang kemana aja?" Baru nongol aja ni tulisan setelah lama cuti. Ups cuti hamil ya kang? Bukan lah, cuti sibuk. Ceileh sibuk. Ya beginilah jadi seorang mahasiswa, terlalu banyak kesibukan yang sebenarnya gak jelas.. Seperti nge-PES lah, nge-Skyrim lah, dan nge- nge- yang lain yang bikin ketagihan dan menghabiskan sebagian besar waktu akang. Daripada ngelamun gak jelas ya lumayanlah menatapi si hitam mulus neng Asus. Tar ngelamun bisa-bisa ayam tetangga mati,hha meski sebenernya ngapain repot orang ayam tetangga ini yang mati bukan ayam kita, ya toh??

Nah? Ngomongin soal manteng depan neng Asus, pastinya khusus anak UI udah pada tau sistem akademik yang online yang dinamain SIAK-NG. Apa tuh kang? SIAK NG tuh singkatan dari Sistem Informasi Akademik Next Generation. Orang sunda ngedengernya mirip-mirip Sia, bisa jadi singkatan dari SIA Kumaha aiNG. Bahasa yang kasar, makanya banyak anak-anak disekolahin ke sekolah kasar supaya gak pake bahasa kasar kayak gitu. Eh itu Sekolah dasar maksudnya...hahaha

Udah atuh kang ngelanturnya, ada apa gitu dengan SIAK NG ? Karena namanya Sistem Informasi Akademik jadi SIAK menjadi pusat dari sistem akademik di UI sendiri yang dengan fasilitasnya mempermudah dalam ngurus-ngurus yang akademik-akademik gitu, (kalo mau bajak tulisannya ya itu menurut saya ya, tau bener tau ga, bener ga?hahaha). Karena itu SIAK bisa menjadi sumber kegalauan mahasiswa UI, kalau siak punya mata mungkin ia stress jga. Ya bayangin aja, SIAK itu diliat dari sabang ampe merauke, ada yang sedih, ada yang seneng, ada yang galau, bahkan ada yang setelah liat langsung gantung diri di pohon toge, wakwaw.. Entah karena terpana atau merana tapi itu bohonglah jangan dipercaya, masa gantung diri di pohon toge ;)

Nah, memangnya ada apa aj gitu di SIAK ampe menjadi sumber dari segala sumber kegalauan, termasuk hari ini bahkan menjadi trend topic beberapa jam di twitter..


1. Nilai, setelah UAS berlalu tentunya semua mahasiswa penasaran bahkan bisa gentayangan dikamarnya sendiri menunggu nilai yang nongol. Sebenarnya kita bisa membaca ekspresi wajah-wajah yang buka SIAK buat liat UAS, dari yang jamedud alias baeud atau muka kusut karena terlalu lama disimpan di rak lemari pakaian dalam, ampe yang tertawa kegirangan entah karena suka makan gorengan jadi girangan di dalam gorongan (gorong-gorong). Kalo kegirangan udah bisa diperkirakan akurasi 90% ia dapet nilai A di matkulnya. 10% lagi mungkin orang-orang yang dapet nilai kurang dari C, yang karena faktor stress jadinya begitu,haha kenalin ane dokter jiwa, mau daftar? So, SIAK tentunya disini berperan dalam membolak-balikan esmosi seseorang..

2. Memilih mata kuliah untuk semester berikutnya. Inilah yang terjadi pada hari ini tanggal sekian dari saya billahi taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum wr.wb. .. Kok udahan? Belum belum. Nah, disini peran SIAK itu memberikan kemudahan kepada mahasiswa buat memilih mata kuliah. Makanya biasanya muncul perang dunia maya memperebutkan mata kuliah dengan dosen yang paling mudah n baek ngasih nilainya. Dar der dor.. Gak segitu jga sich, intinya mahasiswa UI gak harus cape-cape ngemis ke UI, di daerahnya juga kan bisa ngemis mah kang. Bukan ngemis biasa, ini maksudnya ngemis dosen yang enak. Yang harus disiapin cuma laptop, koneksi internet q.s (seperlunya), keyboard yang ada hurufnya (dijamin ada atuh kang!! Nggak, akang pernah liat keyboard yang gak ada hurufnya,,, Itu mah coet/mutu meureun ah,, oh maaf maaf saya kira laptop, mungkin coet/mutu ya, ma’lum lah laptop waktu fir’aun ikutan SP)

Eh tadi bahannya apa ja, oiya lupa tuh, selanjutnya ya mouse (1 aja, sepaket sama jebakan tikusnya ya, tar bisi kabur). Jadi caranya tinggal gerus koneksi internet di dalam laptop dengan menggunakan mouse,, kemudian tambahkan keyboard yang telah dilelehkan di atas waterbath,, selanjutnya gerus homogen sampai terlihat siapa yang homo di antara mereka.. Kemudian selesai, tinggal dimasukan ke dalam tong sampah, lalu beri etiket..haha

Fokus kang!! Iya de… Nah kembali ke SIAK, sungguh sebuah perjuangan yang berat untuk merebut kelas terbaik yang diinginkan. Bahkan saya sendiri merasakan bagaimana perjuangannya, pokoknya mah gunung kan kuterekeli, laut kan ku ojayi demi kamu.. Akhirnya perjuangan dimulai, di depan neng Asus ngklik tombol reload lagi, gagal lagi reload lagi, reload lagi terus aja bahkan ampe marah tu reload “Sabar kang !! Sabar! Da saya ge ngarti akang pengen masuk SIAK, tapi kenapa saya yang harus disalahkan”.. Setelah sekian lama perjuangan ngeleketek reload supaya masuk buat ganti IRS, pas bisa masuk SIAK tertulis “Anda Tidak Dapat Mengisi IRS”.. DARR.. Serasa Langit gonjang ganjing, Bumi Retak,, Hancurr Hatiku kata bang Olga jga.. Ditunggu berulang waktu tetep aja “anda teh tidak bisa ngisi IRS, tong maksa atuh”,hahaha Akhirnya nyerah dan menunggu, sebenarnya enggak menunggu sih, udah kaburr.. dan setelah dapat info lewat sms dan sedikit miskol bahwa siak dapat diisi, maka langsung jleng meloncati kasur dan mengisi IRS. Apa yang dikejar kang? MPKT supaya dapet dosen yang enak, 6 sks bung, ya demi itu rela berjuang bahkan mengorbankan yang laen ampe salah, masa praktikum IBD sama Farset jadi barengan,, tar jadinya gerus-gerus hati kamu donk supaya mau minum obat karena tekanan darah rendah #apasih? Lanjut,, akhirnya MPKT dapet , biarpun sampe skarang prakt farset dan prakt IBD masih barengan, yaudahlah nasi sudah menjadi basi, mau dimakan jga ga enak, sapa tau tar ada yang mau nuker sama yang baru lagi..

Berselang beberapa waktu, muncul lah .. DARR .. Ternyata MPKT itu kelasnya sama dengan MPKT B kemaren yang artinya perjuangan ajleng ajlenganna gagal.. Langsung bunuh diri, loncat ke akuarium. Ga muat lah kang!,, haha sungguh hari yang mengesankan.. Itulah mengapa SIAK NG begitu berarti, sangat berarti dan memberikan makna mendalam di hati kita semua.

Artinya kang, harus dibedain antara gesit dan terburu.
Mang apa bedanya?
Kalo keterburuburannya anda sukses, anda disebut “gesit”
Kalo keterburuburannya anda gagal/sial, anda disebut “terburu-buru”, makanya ada istilah “jangan terburu-buru”,hahaha gak usah dimasukin hati alias diperdebatin kalo ga setuju mah, yang penting saya kasep lah.. Hatur thank you

Posted By Andika Galih Priadi1/31/2012

Monday, January 23, 2012

Sebuah Kebanggaan

Filled under:

Visi meraih mimpi akan selalu membawa kita berjalan secara perlahan menapaki jejalanan yang bergelombang, walau harus terjatuh tetapi keyakinan bahwa sebuah bintang yang begitu cemerlang menanti di depan membawa suatu semangat yang menghidupkan gen-gen positif dalam memainkan aksinya menyegarkan pikiran yang jenuh oleh tugas-tugas kehidupan, hati yang keluh oleh banyaknya perdebatan.

Mimpi yang menjiwai semangat kehidupan terutama dalam kewajiban menuntut ilmu secara tidak langsung akan menggendong diri mencapainya dengan sebuah kata "aku pasti bisa", dan melahirkan sebuah pencapaian akan bintang-bintang yang lebih bawah sebelum akhirnya bintang yang benar-benar kita inginkan dapat dipetik dengan bermodal jiwa lapang dan semangat pejuang tangguh.

"Petiklah bintang", hanya orang bodoh yang menuruti perkataan itu karena secara logis hal tersebut sungguh mustahil, namun orang bijak akan selalu berusaha mencapainya. Artinya setidaknya sebagai seorang yang bijak minimal kita memiliki cita-cita untuk menggapai bintang yang sangat tinggi, walau pada akhirnya hanya sebuah apel dari pohon tetangga yang bisa dipetik, dan jangan menyesal. Itu adalah sebuah kebanggaan.

Mimpi dapat kita alihkan menjadi sebuah kebanggaan yang takkan 100% orang-orang percaya namun pasti ada. Kebanggaanpun ternyata merupakan sebuah kata yang sungguh melekat di hati kita. Dipopulerkan oleh seorang guru sejarah yang mengalihmaknakan kata kebanggaan dari suatu kata positif menjadi sebuah kata yang bermakna unik.

"Harusnya jangan kemaluan, kalo kemaluan itu kan membuat kita malu. Pantasnya itu kebanggaan, karena kan kita jadi bangga karena punya itu.. Itu kan kebanggaan kita, bukan kemaluan"

Kira-kira seperti itulah isi dari sebuah pidato singkat guru sejarah yang beliau sendiri mengakui "Lho kenapa jadi ngomongin ginian yach, ih gara-gara kalian sich jadi ngomongin kebanggaan." Guru-guru juga siswa-siswinya pun mempunyai sesuatu kepribadian yang beraneka macam, dimulai dari ainun sampai wina ada 32 karakter yang unik, ibu bapa gurunya pun mempunyai kenangan-kenangan yang berbeda, dimulai dari kebanggaan, betul nggak??

Sebenarnya bukan itu yang akan dibahas secara terperinci, namun berkenaan dengan berbagai kebanggaan yang telah dicapai siswa kompas, walaupun prolognya terlalu panjang dan sama sekali tidak nyambung dari "kebanggaan" dan kebanggaan kompas, yang pasti mungkin itu yang ada di pikiran penulis yang lagi mencoba memperbaharui tulisan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya. Soalnya kesibukan syuting dan pemotretan hampir membuat saya lupa bahwa kewajiban saya adalah belajar.... belajar syuting, belajar catwalk dan yang terbaik adalah belajar nyegat...nyegat mobill...mobil om om... Maaf shelly...haha

Sederhananya secara individual kompas punya talenta, kata orang. Namun sejujurnya secara kebersamaan pun kompas punya suatu talenta yang baik, dimana hanya perlu menyatukan hati kita, kita pasti bisa. Mungkin untuk pasangan kekasih reza hendra tentunya hati mereka telah bersatu, sehidup semati, berjanji setia, di depan batu nisan yang bertuliskan mince, dewa para kekasih seperti mereka.haha, maaf bercanda, mereka sebenarnya manusia yang sangat sholeh..

Pembicaraan mengenai kebanggan yang berpaling sejatinya telah menghabiskan sisa waktunya, jadi berkenaan dengan award to kompasnya akan dibahas dalam pertemuan berikutnya. "Saya sekarang gak ngasih PR ya?"...Baek kan??

Mohon maaf apabila tulisan ini "gazebo", lagi adaptasi antara keseriusan dan kegilaan... Untuk tulisan berikutnya insyaallah akan lebih baik

Posted By Andika Galih Priadi1/23/2012