Saturday, July 21, 2012

Ketika Berjalan di Jalan - Farmasi

Filled under: ,

Terbersit ingatan bagaimana semua ini berawal, tersadar pikiran tentang semua harapan. Mengarungi samudera kehidupan, membutuhkan sebuah perahu yang kuat untuk menghadapi derasnya arus kehidupan, serta kompas kehidupan yang jelas, mau dibawa kemana perahu kehidupan kita.

1 tahun telah ditapaki perlahan, menguras perjuangan, menciptakan berjuta kenangan. Tak pernah terbayang tentang hari ini, sampaiku benar-benar diarahkan pada hari ini. Untuk belajar hidup dari Farmasi.

Farmasi adalah sebuah cita-cita, yang ada dalam kehidupan para mahasiswa nya. Cita-cita untuk berkarya menjawab semua harapan tersirat dunia. Apa yang mereka pikir tentang Farmasi, dengan apa yang kami pikir sebagai yang setiap hari bersama Farmasi, tentang Farmasi tentunya berbeda. Apa yang mereka pikir tentang mahasiswa dan apa yang kita perjuangkan setelah menjadi mahasiswa, tentunya berbeda pula. Karena kita hidup dalam harapan mereka. Harapan kepada farmasis, harapan kepada mahasiswa. Kita tak tahu seberapa besar harapan itu, tapi perlahan kita tahu seberapa besar wilayah kita.

Begitupun dengan ku sebagai mahasiswa dan calon farmasis, awal perkuliahanku, semester I adalah masa-masa masa santai yang terasa lelah, karena belum tahu arti lelahnya mahasiswa itu apa. Dan disini yang terpenting adalah tentang lingkungan, berusaha mencocokan diri dengan lingkungan, kenal dengan semua dan mengenal bagaimana dunia perkuliahan itu.

Memasuki semester II, berfikir untuk mencari pengalaman maka pengalaman lah yang didapat. Belasan kepanitiaan atau organisasi, dicoba demi mengetahui dan mencoba mengasah softskill. Tanpa tahu apa tujuan besar yang ingin dicapai.

Apa yang didapat? Pengalaman saja? Tidak. Disini perlahan arti mahasiswa itu meresap dalam aksi nyata, tak hanya dalam teori. Kepanitiaan membawa perlahan bagaimana mahasiswa itu benar-benar mengabdi kepada masyarakat, bagaimana mahasiswa itu dituntut kritis dan tak gentar meski menghadapi universitas sekalipun, bagaimana menjadi orang tegas tegar dan dipercaya.

Dan itulah yang didapat, hanya pengalaman beraksi nyata. So, what next?

Terfikir tentang perlu adanya visi, serta arah tujuan kita yang jelas. Dan kelak taun depan lah saatnya, ketika terjadi reorganisasi, kepanitiaan usai, maka kelak kita akan berkarya dimana serta tidak hanya terbawa oleh alur yang ada untuk memahami arti mahasiswa itu apa, tapi dengan arah visi dan tujuan yang jelas bisa untuk membawa serta menjadi bagian penting untuk berkarya dalam bidang yang kita harapkan..

Jika diibaratkan dalam sebuah cahaya, perjalananku diawali dengan berusaha menemukan cahaya. Ketika ku temukan itu maka aku coba untuk bersinar kemana-mana, bak sebuah lampu dan mencari tahu bagaimana rasanya menjadi sinar, bagaimana karakteristik sinar, dan bagaimana seharusnya sinar itu. Setelah itu kesadaran pun muncul bahwa sinar itu perlu difokuskan pada suatu tujuan, menjadi sebuah senter untuk menyinari jalan menuju tujuan itu. Dan inilah saatnya fokus pada tujuan itu, agar sampai lebih cepat

Mungkin banyak orang lain yang sinarnya dari awal telah menjadi senter dan tidak terpencar-pencar, sehingga telah fokus lebih cepat. Tapi dengan menjadi lampu terlebih dahulu, ku tau bagaimana besarnya sinar yang bisa dipancarkan seraya melihat sekeliling, sehingga aku tau arah mana yang kurasa cocok dengan pilihan itu. Harus mulai fokus. Let's shine like a star!

Posted By Andika Galih Priadi7/21/2012

Friday, July 20, 2012

Gosip

Filled under: ,

Hello guys, jam 01.00 malem nie. Terus kenapa ? Ga ada apa-apa sebenernya, cuma bingung mau mulai darimana. Ane kepikiran nie, setelah sempet agak ngerasa aneh selama beberapa lusin menit, keingetan sama ledekan-ledekan SMA.

Ane sempet nulis kan soal seorang yang cowo banget, itu tulisan tapi gak tau disini (neogalih), ga tau di lemari sebelah (kompas).

Coba kita pikirin, ya mungkin telah jadi fenomena sekarang. Cara untuk menjauhkan seorang cowo dan cewe, ya dengan kita gosipin. Setuju gak? Kalo ane bayangin, ketika digosipin tentunya ikatan yang tercipta (ecie ikatan) antara kedua orang tersebut agak sedikit terganggu. Menurut ane itu bisa jadi benteng dimana kita harus kena sinar gamma dulu biar bisa jebol tembok itu, atau harus digigit laba-laba super biar bisa loncatin itu.

Terus?

Nah, jadinya kan suka serba salah, canggung ato apalah kalo digosipin, kalo emang dia malu. Kecuali kalo emang ikatan tidak terbentuk lewat tali yang mengikat, tapi lewat gelombang udara.. Ya kalo gak ada apa-apa kenapa mesti salting. Atau bisa aja, jiwanya udah terkena radiasi gamma karena radiasi bertahun-tahun, ya pengaruh lingkungan..

Nah masalahnya, kalo gosip cowo dan cewe kan normal (menurut ane sih normal, yang ga setuju boleh komen, sapa tau bisa dapet jodoh..hehe).. Cuma masalahnya, kenapa giliran cowo ma cowo juga selalu jadi digosipin.. Maho lah, apa pun lah... Padahal udah jelas lah masa iya..

Menurut ane, tips untuk ngecek seberapa banyak fans kita dengan ngasi undangan  Anggep mau nikah ni, kan tar nyebar undangan. Nah, setelah kita sebar kita tinggal nonton berita aja berapa orang yang meninggal hari itu, terus berapa rumah kebakaran.. Tinggal itung, terus tinggal nyadar diri aja separah apa dulu ampe menyebabkan banyak masalah itu..

Ya hidup itu sederhana. Tulisan ini juga sederhana, ga tau ape maksudnye nulis ini.. Lagi gajelas ni, ma'lum lah nulis tanpa mikir.. Udah ya, peace bo..

*Cuma ngeluarin benang kusut ni, makanya tulisan juga kayak benang kusut gini..

Posted By Andika Galih Priadi7/20/2012

Wednesday, July 18, 2012

Kucinta Indonesia Karena Kau, Bajaj!

Filled under:

Naskah drama sewaktu penampilan terakhir MPKT A, Final Project MPKT A.
========================================================================
PERLENGKAPAN



Gambar perlengkapan setelah perdana dibuat. (gambar sebelah kiri Narrator, sebelah kanan El)
========================================================================
PERSONEL

Andika Galih Priadi
Athari Wulan S.
Elita Yuliantie
Islahul Mu'minah
Ribka Martina S.
Siti Nur Azizah

========================================================================

VIDEO LATIHAN DANCE SUNNY

video

========================================================================


Opening
Backsound: Suara bayi nangis
Narasi

Alkisah , di sebuah kamar petak berukuran 3x3, dengan WC di dalam, lahirlah seorang bayi perempuan dibantu seorang dukun beranak asli citoke..  Bayi tersebut menangis, menangis SO IMUT…  karena suatu dan lain mereka pindah ke amerika.

Bayi itu pun tumbuh menjadi seorang wanita yang cantik, bersekolah di TK Ummul Quro, SD California II, SMPN 83 Las Vegas, SMAN 8 California dan sampai kuliah di UNCAL (Universitas California), dan beginilah kehidupan El sekarang. Dia menjadi seorang gadis yang gaul, dan sangat terpengaruh dengan budaya saat ini yakni Korean Wave.. Karena itu dia menciptakan sebuah girl band bernama sunny dan lagu andalan mereka adalah ..(cherrybel-)
Jreng jreng jreng.. ngedance semua kecuali Andy..

El dan Andy bertemu dan bertabrakan.. (efek music pandangan pertama – Jatuh cinta lagi- Matta)
Andy : Ehm… Andy.. What’s your name.
El : Maaf
Andy : Nama jeng, nama nya siapa?? Nama
El : Oh kenalin, saya Allice, panggil saja El.
Andy : Oh Allice. Nama yang cantik, secantik ehm.. El, kamu jurusan apa?
El : Kedokteran
Andy : Oh berarti boleh donk, kalau hatiku lagi sakit untuk berobat ke kamu..wkwkwk.
El : Boleh kok, kebetulan banget aku dokter hewan..
Andy : Ga jadi 
El : Eh lu anak sastra kan? Ni no gw, 08888888.. Tar kalo ada pentas seni, jarkom gw ya!
Andy :??????? Ko dia tau? Yakali masa minta no buat dijarkom doank..

Andy pun tertawa sendiri. Dan ternyata memanfaatkan kesempatan itu dengan sebuah jarkom pertama yang dia kirim sewaktu H-1 menuju sabtu (malam minggu).

TITIP JARKOM YA!
Pameran :
Sayembar Pencari Cinta.
Guys, yang merasa malem minggunya biasa-biasa aja, mari datang kesini Sabtu ini, pukul 19.00 di Aula 3 Gedung IX Faculty of Culture UNCAL. Tiada kesan tanpa kehadiranmu. FREE DINNER AND SERTIFICATE
Berawal dari jarkom itu karena ada FREE DINNER juga, el pun datang. Dan sedikit terbingung-bingung. Dengan keadaan disitu. Dan tiba-tiba Andy pun datang.
Andy : El, ternyata kamu datang ya? Kebetulan nih kita ketemu, ciyee malem mingguan ya?haha
El : Apa sih?? Kamu kali..Eh mana sayembara pencari cinta nya?  Kok malah kayak gini

Gangguan dateng
Dul : Pa saya laper, ada makanan gak?
Andy : Ga ada bu, maaf ya
Mereka pun melanjutkan pembicaraan
Andy : Emh, wah itu ya. Ga jadi andy. Sayembara pencari cintanya diundur katanya el, soalnya UNCAL make gedung IX nya buat turnamen topeng monyet. Jadi ya acara fakultas kita ngalah deh
El : Hah? Turnamen topeng monyet ? Emang ada?
Andy : Iya itu tuh, yang pada lagi daftar. Yuk daftar, kebetulan banget nih El udah dateng.
El : Emangnya gue monyet!zz Apaan topeng monyet, gua kan anak gahol masa kini…..

Gangguan dateng lagi :
Dul : Pa seriusan saya laper nie, ada makanan gak?
Andy : Aduh maaf bu ga ada

Tak terasa mereka berdua pun berjalan-jalan melintasi sang waktu. Menghabiskan waktu bersama Karib Dekat mereka, para Monyet.. Mereka menonton pertandingan itu, Akhirnya mereka pun bubar..
DIJALAN
Dul : Pa ayolah pa, ada makanan enggak?
Andy : Bu coba masuk sana deh,
Dul : Disitu banyak makanan?
Andy : Banyak pisang bu, makanan ibu.. *Kabuurrrr

Beberapa hari berlalu indah bagi mereka. Sampai akhirnya suatu hari el  pun bertemu dengan teman-temannya sewaktu dia makan, dan dia disambut dengan berjuta pertanyaan, mungkinkah ia lulus menjawabnya, dapat A? Ataukah ia remed.. Saksikanlah:
Sit : El, ananda darimana?
El : Dari Faculty of Culture.
Ina : Abis makan banyak sambil nonton korea ya?
El : Bukan, ada deh.
Sit : Oh begitu ya ananda , kiranya ananda memperoleh sesuatu yang berbeda hari ini? Terlihat kiranya ananda memancarkan senyuman  yang tidak seperti biasanya. Apakah gerangan yang terjadi dengan ananda.
Ina : Udah makan banyak kali sit. Bukannya lu biasanya korea abis ya, ampe-ampe kita kan suka dateng ke tiap konsernya suju, nonton film-film korea dan yang terpenting sih buat ina banyak makannya.
Siti : Sabar ananda ina, jangan makan mulu. Saya melihat, ada cinta di mata ananda el.
El : Amh Emh Amh Emh.. Enggak kok
Siti : Ayolah cerita, tak ada dusta di antara kita. Ungkapkanlah apa yang ada dalam hati, agar hati semakin yakin akan apa yang ia rasakan
Ina : Ungkapin, lho abis makan dimana aj? Ngaku! Ga ajak-ajak lu
Siti : Inaa!!
El : Ini bukan soal makanan, bukan pula soal korea. Tapi soal cowo.(Efek music) bercerita lewat lagu..
Kring-kring-kring tukang pos datang.
Teriring salam mesra penuh cinta
Malam ini tak segelap malam biasanya, karena kau telah menggoreskan warna padanya
Meski tak sebanding dengan rasa yang mengalir, hanya terima kasih atas rasa yang kau cipta itu
Bersama datangnya surat ini, ingin kuucap secangkir maaf yang mungkin bisa membuatmu terjaga.
Kau adalah sayap, yang membawaku terbang menikmati indahnya dunia.
Kau adalah mentari, yang menerangi hariku dan membuatku bisa merasakan cantiknya warna.
Tapi maaf, surat ini bukan surat cintaku padamu.
Ini adalah surat pamit. Ketika kau baca surat ini, aku telah berdiri di Zamrud Khatulistiwa. Karena suatu alasan, aku harus pulang ke negeri terindahku, rumahku, yang Andytakan atlantis yang hilang. Aku Cinta Indonesia, andai kau pun mengerti. Indonesia dan kau memiliki kesamaan, sama-sama Indah, andai kau pun mengerti.
El pun bersedih. (lagu galau) – KEHILANGAN CRISTINA
Dan ia pun sadar. Ia harus mencari Andy, dan menjawab penasarannya ada apa dengan Andy dan Indonesia, mungkinkah El cemburu. Sepertinya begitu . Karenanya dimulailah ekspedisi pencarian cinta di Indonesia. Ia pun mohon izin ke ayahnya, dan ayahnya tentunya memberinya izin. Karena ternyata ayahnya adalah seorang Indonesia yang kepentok cinta dari mamanya yang Chinese.


El pun berangkat. Ia sampai di Indonesia pada pukul 9.30. Dan ia pun berkeliling mencari kendaraan. Ia heran kenapa taksinya didorong, eh ternyata itu bukan taksi tapi tukang siomay yang warna gerobaknya didesain mirip taksi. Ia pun mencari sesuatu yang unik, tiba-tiba ia seperti mendengar valentine rossi mau lewat, suara motoGPnya semakin mendekat. Ternyata sebuah mobil merah ke kuning-kuningan dan kecil. BAJAJ. Dan ia pun naik.

El : Bang tau yang namanya Andy gak? Cariin donk, cariin yuk!
Supir : Ya kalo itu cowo abang sih, abang pasti tau. Tapi itu cowonya neng kan? Ya ga taulah. Banyak neng yang namanya Andy. Ada pejabat, penyanyi, tukang balon, tukang gorengan, banyak lah neng. Emangnya Andy Cuma satu doank
El : Oh, iya sih. Kalo gitu,abang bisa bantu cariin kan?
Supir : Ciri-cirinya gimana neng? Tar abang sekalian JARKOM ke semua temen-temen abang, biar kalo ada penumpang yang namanya andy disuruh ketemu neng gitu ya..
El : Makasih bang.. Ayo bang! Dia cinta Indonesia bang, cinta saya juga kayaknya
Supir : Cinta neng?hahaha.. Oh cinta Indonesia, kalo gitu kita nyari ke tempat-tempat cantik di Indonesia. Oke neng?
El : OK!

Pret-pret pret!
1. TMII
    Ini namanya TMII neng.  Disini hampir seperti miniature Indonesia, semua kebudayaan berbagai suku di Indonesia
Dul :  Bu saya laper bu! Kasih saya makan!  Anak saya juga belum makan! Buat susu sekalian bu!
El :    Wuih Indahnya.. Luar biasa ya suasananya. Tapi ga ada Andy bang. Oh maaf ya bu

Perjalanan berlanjut, pret pret pret pret pret
2. TIM
   Ini namanya taman ismail marzuki
   Dul : Bu kasihanilah saya! Kasihanilah saya yang belum makan


Setelah 3 Hari 2 Malam berpetualang menjelajahi gunung-gunung indah, pantai-pantai menawan, tempat-tempat rekreasi modern, ternyata bukan andy yang ia temukan tapi ia temukan Cinta terhadap Indonesia di hatinya. Ia temukan Indonesia dalam hatinya. Ia pun menelepon semua teman-teman

El : Halo semuanya, ……….(jenis telpon rame-rame).
Siti : Indonesia itu indah, adakah kita sadar bahwa kita lahir dari tanah indah. Tanah yang terbentang dalam goresan indah sang pencipta.
Ina : Adakah kita sadar, Indonesia adalah negara kaya. Kaya akan semuanya, termasuk variasi makanannya. Ada rendang, ada krupuk, ada tempe, ada batagor, ada somay, ada baso, ada pecel lele lela, ada moci dari sukabumi, ada tauco dari cianjur, ada peuyeum dari bandung, ada talas dari bogor, ada brem dari jogja, ada…
Sit : inaa, cukup –cukup..
Ina : iya iya, jadi janganlah kita biarkan tempe kita kalah oleh pizza, rendang kita kalah oleh hot dog,
Sit : Inaa
Ina : ups,, jadi kita harus sadar. Kita adalah bangsa Indonesia

ternyata perjalanan panjang membuat bajaj nya mogok. Kala itu udah sampai di ………………… akhirnya el istirahat dulu dan ia pun makan dulu di warteg. . Sambil tetep berfikir.
DI WARTEG
El : Indonesiaa ituu…
Dul : Bu kasihanilah saya bu, saya laparr..
El : Haduuh,, iya iya,, sudah makan dulu sannah (iklan)
Dul : Horee, makasih bu. Eh tau gak bu, disini tuh anak-anaknya suka pada nari ……………. Lho.. Biasanya suka banyak orang-orang asing juga yang kesana.
Ibu : Nasinya setengah apa satu de? Makannya sama ap?
El : Nari apa?
Dul : 2 porsi bu nasinya, lauknya ayam 1 ekor bu.
         tuh liat anak-anaknya, ikutin aja mereka.
El : Hah? Gile loh, gue yang bayar? Anak-anak itu?
Ibu : OKE.

El pun penasaran dia melihat ada anak-anak yang sedang mau pada latihan. Ia pun mengikuti mereka.. El pun mengikuti. Tak lama kemudian teman-temannya datang tiba dari perjalanan panjang dengan menggunakan TAKSI YANG BENAR-BENAR TAKSI. Tapi sebelum semuanya sempat mengobrol.. FILM DIPAUSE!!!!

SUPIR BAJAJ NGOMONG :
Perjalanan panjang el, ke berbagai tempat di sebagian wilayah jawa dan sekitarnya , tidak hanya tempat rekreasi menyadarkan el dan melahirkan Indonesia di hati el. Cinta Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai jati dirinya, tidak lahir karena paksaan. Dia lahir dari kesadaran bahwa tempat lahir kita adalah Indonesia, sebuah tempat yang merupakan karunia terbesar dengan pesona keindahannya, dengan kekayaan alam yang melimpah. Adapun ketika  cinta itu ternoda oleh butiran-butiran korupsi, kemiskinan, bobroknya sistem, berbagai dilemma moral dan apapun itu, maka rasakanlah cinta itu sebagai hal yang suci untuk mengikhlaskan niat kita bahwa Indonesia ini adalah tanggung jawab kita, budaya Indonesia adalah budaya kita jadi kita yang harus menjaganya, sebobrok apapun Indonesia , tapi tetap ini negara kita, kita yang harus memperbaikinya. Hidup Rakyat Indonesia! Hidup Supir Bajaj Indonesia!

Meski el tidak menemukan Andy, tapi ia berhasil menemukan Indonesia. Dan kemana sebenarnya Andy? Andy tidak kemana-mana, ia sedang ngomong sodara-sodara. (Ia pun berbalik menatap el)
Andy : El, Andy
El : Mendekat dan …..*plak
Andy : Kenapa? Kau telah temukan Indonesia dan diriku..
El : *plak
Andy : Maafkan aku
El : *plak kenapa?…
Andy : Aku cinta Indonesia karena bajaj ini el, Kau pun begitu kan?
El : *plak Iya sih, terus?
Andy : maaf ya, ya ya !
El : Senyum, ngangguk2 so imut..
Andy : Jadi mau gak kita ……….CIYEEEEEEEEEEEEEEEEE
PENONTON DAN SEMUA PEMAIN : CIYEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
Dan penampilan terakhir dari Sunny dan semua pemain.. Menyanyi lagu Indonesia ..




Posted By Andika Galih Priadi7/18/2012