Monday, July 14, 2014

Keutamaan, Khasiat dan Manfaat Kurma

Filled under:




INFORMASI UMUM MENGENAI KORMA

Pohon kurma bernama latin Phoenix dactylifera termasuk family Palmae dan sering disebut Date Palm. Pohon ini dikembangkan terutama untuk diambil buahnya dan telah ditanam 8000 tahun yang lalu, terutama di Babilonia. Banyak ditemukan di padang pasir (kering) dan bisa mencapai tinggi 30-35 meter. Buah kurma berbentuk lonjong dengan ukuran 2-7.5 cm dengan warna yang bermacam-macamantara coklat gelap,kemerahan, kuning muda dan berbiji.

Awal tahun 1950-an Irak menjadi produsen kurma terbesar di Dunia, mencapai 600.000 ton/tahun. Sedang di Saudi  tahun 1980 baru menghasilkan 500.000 ton/tahun, setelah disubsidi pemerintah dan dikembangkan dengan cara modern. Negara pengembang kurma yang lain adalah India, Algeria, Tunisaia, Mesir, Sudan, Iran, Spanyol, Jamaica dan California.

KEUTAMAAN KURMA DALAM ALQUR’AN

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain, Alloh Subhanahu wa Ta'ala  menyebutnya di 20 tempat yang berbeda di dalam Al-Qur'an dengan memakai lafadz pohon kurma : an - Nakhl,an-Nakhiil atau an-Nakhlah.

Anda dapat mempelajari sendiri di dalam Al-Qur'an di surat : Ar-Rahman: 11, Al-Qaf:10, Yaasiin: 67, Ar-Ra'du: 4, Maryam: 25-26 (Dalam menjelaskan ayat ini Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : ‘Tiada sesuatu yang lebih baik dari perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah'.), Maryam :23, Al-Baqarah: 266, Al-An'am: 99, Al-An'am: 141, An-Nahl: 11, An-Nahl: 67, Al-Isra': 91, Al-Kahfi:32, At-Taha: 71,Al-Mu'minun: 19, Yaasiin: 34, Qamar: 20, Ar-Rahman: 68, Al-Haaqah: 7 dan ‘Abasa: 29.

HADITS-HADITS MENGENAI KURMA

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sering menjelaskan manfaat kurma, antara lain : 
  1. Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir.Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir'.
  2. Kurma Ajwa berasal dari surga dan dapat mengobati racun
    Sebagaimana sabda Rosululloh Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  : "Kurma ‘Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun". HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.
  3. Kurma mencegah pemiliknya dari kelaparan.
    ‘Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya' (HR. Muslim no. 2046)
    ‘Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya' (HR. Ibnu Majah no. 3328)
  4. Rosulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  memberikan contoh dengan kurma ketika memerintahkan umat ini untuk bersedekah.
    Dari Sahabat Adiy bin Hatim, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  bersabda "Barangsiapa dari kalian yang mampu berlindung diri dari api neraka walaupun hanya dengan sebutir tamr, maka lakukanlah". (HR. Muslim no.1016, HR. Bukhari no.6023, dan HR At-Tirmizdi no.2415).
  5. Cara Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  memakan kurma :
    - Mencampur dengan keju, dalam HR. Abu Dawud no.3837 dan Ibnu Majah no.3343
    Imam ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa zubdah(keju) dapat berfungsi melunakan tinja, melemaskan syaraf dan pembengkakan empedu dan kerongkongan. Jika dioleskan gusi bayi, akan mempercepat pertumbuhan gigi.
    - Mencampur dengan mentimun, HR. Muslim no.2043, HR. Bukhari no.5440.
    Rasa panas yang ada pada kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin pada mentimun, karena mentimun agak sulit dicerna di lambung , dingin dan kadang berbahaya. Sungguh pelajaran yang agung dari Rasul kita.
    - Memakan kurma dengan semangka, HR. Abu Dawud no. 3836.
    - Menganjurkan berbuka puasa dengan kurma basah (ruthab), kalau tidak ada dengan kurma kering, kalau tidak ada dengan meminum air seteguk demi seteguk. HR Abu Dawud no.2356.

    Hadits ini mengandung hikmah agung secara kesehatan,yang diperlukan oleh orang yang berpuasa adalah zat gula yang mudah diserap oleh darah, lambung dan usus. Zat gula (glukosa dan fruktosa) memerlukan waktu 5-10 menit untuk diserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong. Sehingga waktu tersebut dapat digunakan sementara untuk menjalankan sholat maghrib.
    - Melarang memakan kurma bagi orang yang baru sembuh dari sakit,HR. Abu Dawud no.3856.
    - Boleh memakan kurma meskipun sakit mata, HR. Ibnu Majah no.3343.
    - Memerintahkan jangan membuang kurma yang di dalamnya terdapat ulat, namun membersihkannya, HR. Abu Dawud no.3832.
  6. Kurma sangat baik untuk menjadi bekal, bahkan pada waktu perang. HR. Muslim no.1910.
  7. Kurma untuk mentahnik bayi, HR. Al Bukhari no. 5467,3909,5469,5470 dan Muslim no. 2145,2146
    Tahnik adalah mengunyah sesuatu kemudian meletakkannya di langit-langit mulut si bayi. Imam Nawawy rahimahullah dalam kitab syarah Muslim menjelaskan bahwa:
    - Anjuran mentahnik bayi yang baru dilahirkan adalah sunnah, berdasarkan ijama'.
    - Hendaknya yang mentahnik adalah orang yang shalih, baik laki-laki maupun perempuan.
    - Lebih utama mentahnik dengan kurma
    - Memberikan kesempatan kepada orang yang shalih untuk memberi nama.
  8. Disunahkan memakan kurma sebelum berangkat untuk Idul Fitri dalam jumlah ganjil, HR Bukhari no.953 dan Ibnu Majah no. 1354.
  9. Sebagian dari Kurma dapat dijadikan arak, dimana ia telah diharamkan dalam Islam, HR Bukhari no.2431 dan HR. Muslim no. 1071.
KHASIAT KURMA SAAT RAMADHAN
Sumber Energi 

Kandungan gula cukup tinggi 70%, dan menurut Dr. Conning kurma mempunyai daya serap yang cepat 40-45 menit sehingga cepat mengembalikan energi. Dibandingkan nasi beberapa jam. Hal ini sangat baik untuk mengembalikan energi setelah berpuasa. 

Sumber Serat Pangan
  • Kurma adalah sumber serat pangan yang baik. Kurma juga mengandung serat pangan (dietary fiber) cukup tinggi, yaitu 2,2 gram per 100 gram.. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengonsumsi 20-30 gram per hari.
  • Serat pangan terdiri dari dua jenis yaitu serat pangan larut dan serat pangan tak larut. Serat pangan tak larut berfungsi meningkatkan volume feses sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih mudah dikeluarkan. Penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat-zat karsinogen dari feses. ini khasiatnya untuk menghindari sembelit.
  • Serat pangan larut dapat membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu serat pangan larut juga berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.
Sumber Mineral
  • Kurma kaya akan kalium dan rendah sodium.
  • Kalium berperan dalam memelihara kontraksi otot termasuk juga otot jantung. Selain itu berperan untuk memelihara sistem syaraf dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Karena kalium tidak disimpan dalan tubuh dan banyak hilang melalui keringat, sehingga perlu disuplai dari makanan.
  • Kalium membantu menurunkan tekanan darah.

    Menurut Dr. Louis Tobian,Jr., pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University AS, kurma bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta bisa memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.

    Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukannya bahwa konsumsi ekstra kalium bisa bisa menjaga dinding arteri tetap elastis dan berfungsi normal. Keadaan ini membuat pembuluh darah tidak mudah rusak akibat tekanan darah. Hasil penelitian merekomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 400 mg kalium dapat menurunkan resiko stroke sebesar 40%.

  • Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita hanya perlu mengkonsumsi sekitar 65 gram atau 5 buah kurma kering.
  • Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf.Kandungan kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh. Dengan demikian, konsumsi kurma yang kaya kalium akan membuat otak tetap encer di saat berpuasa clan tubuh selalu dalam keadaan bugar.
  • Selain kalium, kurma juga mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium, besi, magnesium, mangan, tembaga dan fosfor.
  • Zat besi (1,2 mg  dl 100 gram) sangat penting untuk mencegah anemia gizi besi, yang dalam bahasa awam sering disebut sebagai lesu darah.Gejala anemia gizi besi adalah mudah lelah, pusing, pandangan berkunang-kunang,dan susah berkonsentrasi.
  • Magnesium (50mg dl 100 gram) Magnesium berfungsi membantu fungsi saraf dan otot termasuk pengaturan irama jantung agar tetap normal.
  • Kalsium dan Natrium juga berperan untuk menurunkan asam lambung yang tinggi akibat berpuasa selama sekitar 13 jam 
·         Sumber Vitamin
  • Vitamin yang terkandung dalam buah kurma antara lain vitamin A, tiamin (Vit B1), riboflavin (Vit B2), niasin (Vit B3), dan asam pantotenat (Vit B5) dalam jumlah yang bisa diandalkan. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin C dan vitamin E. Vitamin A berfungsi untuk memelihara fungsi mata dan mencegah kekeringan dan penyakit mata. Vitamin B berfungsi menenangkan sistem syaraf dan untuk relaksasi jantung serta membuat pikiran menjadi lebih riang.
  • Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, reproduksi, imunitas (kekebalan) tubuh, dan pemeliharaan sel epitel.
  • Mengonsumsi 3-6 gram niasin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 15-20 persen, kadar trigliserida 40-50 persen, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 20 persen.
  • Niasin juga berperan dalam , merangsang pembentukan prostaglandin 12, yaitu hormon yang membantu mencegah pengumpulan agregasi trombosit. Niasin memperkecil proses ateroskerosis clan akhirnya memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung.
  • Niasin bersama riboflavin (vitamin B1) akan membantu melepaskan energi dari makanan. Sementara itu, tiamin (vitamin B1) berfungsi untuk melepaskan energi dari karbohidrat, serta berperan baik bagi sel-sel saraf dan fungsi jantung.

Sumber Salisilat alami dan Hormon Potuchsin
  • Kurma mengandung salisilat alami dalam dosis rendah. Salisilat dikenal sebagai bahan baku aspirin, obat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam. Berdasarkan hal tersebut para pakar mengharapkan dosis rendah salilisat dalam kurma secara kontinyu bisa juga meredakan sakit kepala.
  • Menurut Nurfi Afriansyah, staf penyelidik KIE Gizi Puslitbang Gizi Bogor, salisilat juga bisa mempengaruhi prostate gland (kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot , menurunkan tekanan darah)
  • Jean Carper dalam bukunya Food,Your Miracle Medicine menyatakan kurma mempunyai aktivititas seperti aspirin, sehingga yang alergi bisa mengalaminya juga.
  • Selain itu kurma mengandung semacam hormon yang disebut potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga dengan demikian bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim.
  • Kurma juga mengandung sejumlah senyawa fenol dan karoten yang berfungsi sebagai antioksidan.

Khasiat Lain menurut Zaky Rahmawan dalam Kupas Tuntas Khasiat Kurma :
  • Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan saluran kencing(dengan cara merebusnya), karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim tatkala melahirkan.
  • Penelitian terbaru menyatakan bahwa kurma basah (ruthab) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika dipompa ke pembuluh nadi).
  • Kurma basah (ruthab) juga mencegah terjadinya pendarahan pada wanita saat melahirkan dan mempercepat pengembalian posisi rahim seperti semula. Hal ini disebabkan adanya hormone oxytocine.
  • Dapat menenangkan sel-sel syaraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok.
  • Buah kurma dapat mencegah stroke, karena mengandung unsur kalium yang tinggi yang dibutuhkan untuk mengatur denyut nadi jantung, mengaktifkan kontraksi otot dan membantu mengatur tekanan darah.
  • Para peneliti membuat postulat hanya dengan makan satu jenis ekstra kalium (minimal 400 mg/hari) dapat menurunkan resiko terkena stroke sampai 40%. Itu artinya sama dengan makan tamr sekitar 65 gram saja atau setara dengan lima butir kurma!
  • Kurma juga mengandung salisilat yang dikenal sebagai bahan baku aspirin, obat pengurang rasa sakit dan demam, dan dapat mempengaruhi prostate gland (kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot, menurunkan tekanan darah).5
  • Buah kurma mengandung banyak zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potassium. Ia meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengonsumsi protein seperti ikan dan telur.
  • Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolism lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit dan menenangkan sel-sel syaraf.

 Tabel selengkapnya nilai nutrisi buah kurma kering (dalam 100 gr) dari makalah fruits of warm climates oleh Morton J, hal 5-11, 1987 di  www.hort.purdue.edu
Unsur
Kadar
Unsur
Kadar
Kalsium
52 mg
Protein
2,35 gms
Lemak
0,43 gms
Karbohidrat
75 g
Fiber/serat
2,4 g
Vitamin A
90 UI
Thiamin (Vitamin B1)
93 mg
Riboflavine (Vitamin B2)
144 mg
Asam Nikotinat
2,2 mg
Kalium (potassium)
667 mg
Magnesium
50 mg
Besi
1,2 mg
Copper/tembaga
2,4 mg
Biotin
4,4 mikrog
Zinc
1,2 mg
Asam folic
5,4 mikrog
 Sulfur
14,7 mg
Asam Askorbat
6,1 mg
Sodium
13 mg
Niasin
2 mg
Khlorida
271 mg
Kobalt
1,9 mg
Glukosa
38,5 gms
Fruktosa
35,5 gms
Fosfor
63 mg
Unsur gula lain
3,4 gms
Energi
323 kal



Referensi :
Rahmawan, Zaky. Kupas Tuntas Khasiat Kurma. Bogor, Media Tarbiyah

Web
http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/kurma-keajaiban-dan-manfaatnya-untuk-buka-puasa.htm#.U7T7RHZmvIU
halalguide.info
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-kurma.html
http://alifkorma.blogspot.com/p/manfaat-kurma-muda-kurma-nabi-azwa.html

@andikagalih_p  
@rtcuifm
rtc.ui.ac.id 
10 Juli 2014, 
Pkl 17.00-18.00 WIB
 

Posted By kagiri7/14/2014

Monday, July 7, 2014

Angkatan Tua

Filled under:


Angkatan Tua
Tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi. Tiba-tiba pengen bahas tua, jadi keingetan lagu ini, padahal tau aja lagunya nggak, ya terus. Ternyata angkatan 2011 udah jadi angkatan tua nih, kakak-kakak 2010 baru aja pada lulus sidang dan pada saling selamat menyelamati karena sudah jadi S.Farm, selamat ya kakak-kakak yang sudah jadi S.Farm, doakan saya menyusul satu tahun lagi. Amiinnn. . Bentar lagi kakak-kakak bakal diwisuda, nanti ditemenin siapa kak di wisudanya? ‘ya orang tua lah’, terus kalo kakak jawab gitu saya mah ‘oh’ aja deh. #kodengecengin. Buat kakak-kakak yang belum wisuda semester ini, saya percaya telat wisuda nggak berarti telat sukses apalagi telat nikah. Mudah-mudahan ada hikmah ya kak (y) <ini emot jempol
Jadi iya ternyata sudah jadi angkatan tua, meski 2010 nanti kuliah lagi apoteker, ya tetep kalo untuk S1 mah 2011 paling tua. Terus kalau jadi angkatan tua, masalah gitu? -_- , kok ribet sendiri sih ente. Saya selama 3 tahun ini ngaca di cermin, nggak ada perubahan kok, saya ngga percaya jadi angkatan tua, bahkan foto saya yang dipake masuk kuliah itu foto kelas X SMA, waktu kelas X-3, dan ternyata foto itu selalu terpampang kalau lagi liat SIAK setiap semester. Nggak ada yang berubah ternyata dari kelas X SMA.
Nah masalahnya, kalo keliatan nggak menjamin isinya seperti apa. Don’t judge the book by its cover, tseehh ini pepatah yang masih selalu terngiang di telinga saya. Tampilan sih ngga ada bedanya, tapi kalo dibilang lahir taun 93, terus ngitung penjumlahan dan pengurangan, ternyata uda tua juga ya. Saya ngga perlu sebut angkanya berapa, kan IP waktu SD pasti cumlaude nih kan. Berasa jadi tamparan nih, meski saya nggak tega nampar diri saya sendiri, udah usia 21 ternyata bukan hanya tampangnya yang ngga berubah, mungkin masih ada kelakuannya yang masih nggak berubah juga, masih sedikit bocah. Astagfirulloh.
Nah iya, begitu pula sama temen-temen 2011. Kalau 2 paragraf sebelumnya saya ngitung umur saya, nah kali ini kita bahas angkatan. Jadi angkatan 2011 itu masuk ke Farmasi UI pas tahun 2011 pertengahan, waktu itu masih di MIPA, jadi harus ngikutin PSAF, OKKF terus Mabim. Ternyata angkatan 2011 nggak semuanya lahir 1993 juga, ada juga yang 94, bahkan ada yang 95.
Biasanya ketika sudah menjadi angkatan tua, ada beberapa hal yang digalauin nih, saya merangkum ini nih 3 kegalauan angkatan tua, kalo ternyata temen-temen beda galaunya ya maapin ya :
1.       Arah Penelitian
Ini nih biasanya pertanyaan kalau ketemu sama temen, kakak atau dosen. “Kamu penelitian mau dimana?”. Udah kental banget ini pertanyaan, apalagi semester depan kita harus menetapkan pilihan kita, plus nantinya nyiapin UP juga. Penelitian merupakan suatu tuntutan untuk menjadi sarjana farmasi, dan nantinya dibuat dalam bentuk skripsi. Penelitian dikelompokkan jadi 5 Kelompok Besar Ilmu yaitu
a.       Teknologi Farmasi : Bisa berkaitan dengan teknologi solid, semisolid, liquid, farmasetika, farmasi fisika dan sebagainya. Kelompok ini penelitiannya biasa di lantai 4 lab farset dan farfis, atau di lantai basement di lab formulasi tablet.
b.      Biologi Farmasi : Berkaitan dengan bioteknologi, mikrobiologi dan semacamnya. Ini labnya di lantai 3, sebrang-sebrangan sama lab kuanti.
c.       Kimia Farmasi : Berkaitan dengan kimia baik itu kuantitatif maupun kualitatif. Labnya di lantai 2 dan lantai 3.
d.      Fitokimia : Ini biasanya berkaitan sama herbal, tanaman, ekstraksi dan semacamnya. Saya punya kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya.. Wuiihhh.. Nah, labnya di lantai 2 sebrang-sebrangan sama kimia kualitatif
e.      Farmakologi : Ini biasanya berkaitan sama mencit, uji farmakologi ke mencit, atau ada juga yang survey ke rumah sakit. Laboratoriumnya di lantai basement.
2.       Kelanjutan setelah kuliah
Masa depan tentunya jadi pikiran tersendiri, mau kerja dimana nanti setelah kuliah pasti udah mulai kepikiran, ya maklum udah males mikirin masa lalu, organisasi dan kepanitiaan udah menjelang masa-masa pension, jadi mikirinnya masa depan, tapi bagus.. Ini nggak semua sama, ada yang berencana abis kuliah S1 langsung kuliah S2, biasanya yang mau jadi dosen, ada yang kuliah apoteker dulu, terus kepikiran juga nanti kerjanya dimana, mau di Industri kah, mau di rumah sakit, apoteker, jadi peneliti, dosen, ya semuanya mulai merasuki  pikiran-pikiran jernih kita, maklum angkatan tua. Tapi saya ngga tau nih, ada nggak ya yang berencana jadi ibu rumah tangga yang super, yang membimbing anak-anak super, waduh tapi ini melenceng dari pembahasan sih..weleh weleh
3.       Sesuatu yang taulah
Sebenernya saya tidak terlalu yakin apakah teman-teman saya serius membicarakan ini, tapi kalau bercandaan, ini bercandaannya angkatan tua banget, wahaha angkatan tua udah bahasannya beginian, wuahh dimaklum aja mungkin udah kepala 2. Tapi jangan salah, persiapan udah semestinya dari sekarang, kalau kata temen saya, kalau bisa cepet-cepet kenapa nggak, supaya tidak terjerat maksiat, godaan, apalagi kalau nanti menghadapi kehidupan yang sebenernya, beuhh fitnahnya, godaannya pasti berat banget. Jadi sok mangga bagi yang sudah siap, silahkan saya tunggu undangannya yak.

Sebenernya tiga bahasan itu udah cukup buat mewakili angkatan tua, nah saya mau kasih quotes penutup nih.
“Tua itu pasti, tapi bijaksana belum tentu”
Jadi semakin tua, mestinya semakin belajar untuk jadi bijaksana, apalagi kan calon bapa-bapa super dan ibu-ibu super nih. Yuk mari memantaskan diri untuk menjadi semakin lebih baik, apalagi lagi Ramadhan, kesempatan untuk semakin mendewasakan diri sambil meningkatkan ibadah kita.

Ditulis di :
Sukabumi, Hari ke 8 Ramadhan, 6 Juli 2014.

Posted By kagiri7/07/2014

Sunday, July 6, 2014

Ternyata Sudah Semester 7

Filled under:

Ternyata telah separuh tahun menutup cerita. Berbagai dinamika yang terjadi di paruh tahun ini menjadi cerita tersendiri yang tidak sempat terceritakan. Semuanya memang telah direncanakan, dimana saat tahun lalu begitu banyak emosi-emosi serta berbagai ketakutan yang terrekam dalam beberapa tulisan, maka di awal tahun ini muncullah sebuah pemikiran kecil untuk menutup cerita sementara. 

Ternyata sudah bulan Juli, memasuki semester 7, sangat tidak disangka. Rasanya bayangan-bayangan sewaktu pengumuman diterima melalui jalur undangan masih teringat jelas di kepala, dan rasa penasaran menjadi mahasiswa seperti apa masih hangat terasa, ternyata hari ini telah memasuki liburan semester genap menuju semester 7.

Ternyata telah banyak cerita yang dilalui di 6 semester, telah 126 sks mata kuliah diambil, telah banyak pengalaman keorganisasian dan kepanitiaan dicoba, telah separuh tahun menjalankan amanah bersama teman-teman Syifa, telah banyak perjalanan diikuti via D’amont OSIT dan STUDEK, namun masih merasa belum mendapatkan apa-apa, semua cerita ini hanya semakin mempertegas dan mengenal lebih dalam apa kekuranganmu dan apa kelebihanmu tanpa ada perubahan yang cukup signifikan dalam perbaikan diri, Astaghfirulloh. 

Kini, ketika pandangan diarahkan lurus ke depan, maka berbagai bayangan masa depan mulai memanggil untuk dipikirkan. Wah ternyata kini sudah menjadi mahasiswa angkatan tua, jadi angkatan terakhir di S1, rencana hidup sepertinya memang harus sudah dimiliki : penelitian mau kemana, kerja kira-kira dimana, usia berapa nikah, nikah sama siapa (#eh, wkwkwk), kalau mau S2 kira-kira di usia berapa, dan sebagainya.

Posted By kagiri7/06/2014